androidvodic.com

Operasi Zebra Lodaya 2023 di Cimahi dan Bandung Barat Incar Knalpot Bising - News

News - Tahun 2023 ini, Operasi Zebra Lodaya yang digelar pada 4-11 September di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan berfokus pada motor dengan knalpot bising atau brong.

Meski begitu, pihak kepolisian juga tetap menyasar pelanggaran berkendara lainnya, seperti tak memakai helm atau perlengkapan berkendara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono.

Ia mengatakan, pihaknya tak akan segan menindak para pengguna motor berknalpot bising selama Operasi Zebra Lodaya 2023 karena sangat mengganggu kenyamanan masyarakat.

"Untuk penggunaan knalpot brong, kami akan terus mengedukasi dan melakukan penindakan kepada para penggunanya. Untuk itu kami mengimbau untuk tidak menggunakan knalpot brong," ujarnya saat ditemui di Mapolres Cimahi, Senin (4/9/2023).

Selain itu dalam Operasi Zebra Lodaya 2023 ini, kata Aldi, pihaknya juga menyasar pengendara yang melawan arus karena bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan tentunya menindak pengendara yang tak memakai helm.

Baca juga: Operasi Zebra 2023 Digelar Mulai Hari Ini, Cek 7 Prioritas Sasaran Pelanggaran dan Besaran Dendanya

"Terutama di wilayah KBB, kita cek masih banyak yang tidak menggunakan helm, kebanyakan di pedalaman dan melawan arah saat terjadi kepadatan, jadi CB-nya kita akan menyebar personel," katanya.

Untuk para pelanggar lalu lintas yang terjaring dalam Operasi Zebra Lodaya 2023 tersebut, pihaknya sudah menyiapkan sanksi untuk memberikan efek jera kepada mereka dan tentunya agar lebih disiplin berlalu lintas.

"Sanksinya tilang terutama untuk pengguna motor yang menggunakan knalpot brong. Intinya kita akan menindak sesuai dengan aturan yang berlaku," ucap Aldi.

Ia mengatakan, tujuan Operasi Zebra Lodaya tersebut untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas, menekan angka kecelakaan, menekan angka fatalitas korban kecelakaan, dan meningkatkan disiplin serta kepatuhan masyarakat untuk dalam berlalu lintas.

"Ini sangat baik ya, nanti sifatnya (penindakan) secara persuasif dan humanis sekaligus memberikan imbauan kepada masyarakat," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Pengguna Motor Berknalpot Bising Sasaran Utama Polisi Pada Operasi Zebra Lodaya 2023 di Cimahi-KBB

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat