androidvodic.com

Sempat Diselimuti Kabut Asap 7 Hari Berturut-turut, Kualitas Udara di Kota Padang Mulai Membaik - News

News, PADANG - Kualitas udara di Kota Padang mulai membaik setelah selama tujuh hari berturut-turut diselimuti kabut asap.

Membaiknya kualitas udara ini ditunjukkan oleh nilai indeks standar pencemar udara (ISPU) yang diperoleh dari stasiun air quality monitoring system (AQMS) sebesar 35 untuk parameter partikel debu ukuran 2,5 mikrometer (PM2.5).

"Nilai ISPU tersebut termasuk dalam kategori baik atau status hijau," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Mairizon, Kamis (7/9/2023).

Trend peningkatan kualitas udara juga ditunjukkan dalam dua hari ini belakangan pasca hujan melanda Kota Padang.

Baca juga: Masyarakat Lokal Masih Gantungkan Hidup dengan Bakar Lahan, Pemerintah Tekan Dampak Kabut Asap

Mairizon meminta masyarakat agar tetap menjaga kualitas udara di Kota Padang dengan tidak membakar sampah atau aktivitas lainnya yang menimbulkan pencemaran udara.

Diketahui, kualitas udara di Kota Padang dalam beberapa hari belakangan tampak kabut asap, Selasa (5/9/2023).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Mairizon mengatakan, udara di Padang masih dalam kategori sedang.

Berdasarkan pantauan stasiun AQMS Kota Padang, sejak tanggal 30 Agustus hingga 4 September, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) untuk parameter partikulat debu ukuran 2,5 mikron (PM2.5) masih dalam kategori Sedang.

Nilai ISPU PM2.5 masih menunjukkan trend peningkatan sampai saat ini.

"Hal ini berarti bahwa penurunan kualitas udara yang terjadi di Kota Padang dalam waktu satu bulan ini masih belum ada perbaikan," kata Mairizon, Selasa (5/9/2023).

Baca juga: Pemerintah Terus Tekan Angka Kebakaran Hutan agar Puncak G20 Tidak Terganggu Kabut Asap

Mairzon mengatakan, salah satu penyebab dominan penurunan kualitas udara di Padang diduga berasal dari asap kiriman kebakaran hutan dan lahan dan titik api yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Namun, jika melihat trend peningkatan nilai ISPU PM2.5 dalam seminggu ini, kategori biru atau sedang ini dapat mencapai kategori kuning atau tidak sehat dalam waktu 20 hari ke depan," ucap Mairizon.

Mairizon mengimbau warganya untuk tidak membakar sampah karena akan dapat memperparah kabut asap.

"Kita harapkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi tidak bertambah titik apinya dan dapat mengalami pengurangan," harap Mairizon.

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Tujuh Hari Diselimuti Kabut Asap, Kualitas Udara di Padang Membaik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat