androidvodic.com

Calon Pengantin di Lombok Nyaris Nikah dengan Sesama Pria, Terbongkar saat Menjalani Proses Adat - News

News, LOMBOK - Seorang pria asal Bun Salak, Desa Jago, Lombok Tengah berinisial NA (30) nyaris menikahi seseorang yang dikira adalah sosok wanita berinisial NE (18).

NE merupakan warga Desa Krame Jati, Lombok Tengah.

"Belakangan diketahui, NE adalah seorang pria dengan identitas asli ZK," kata Kepala Desa Jago, Deni Wirawan, Selasa (12/9/2023).

Baca juga: Kisah Sepasang Kekasih Batal Nikah, Calon Pengantin Wanita Tewas Jadi Korban Lift Maut di Ubud

Deni menjelaskan, awalnya NE melakukan prosesi Merarik pada Kamis (7/9/2023) malam.

Merarik dimulai dari pinangan calon mempelai pria yang kemudian membawa calon mempelai perempuan ke rumahnya.

Setelah tiga hari, dilanjutnya dengan proses Nyelabar.

Proses Nyelabar merupakan salah satu tahapan proses dari tradisi perkawinan suku Sasak Lombok, setelah mempelai wanita dibawa ke rumah pengantin pria.

Dalam proses ini, keluarga mempelai pria memberikan kabar pada keluarga mempelai wanita, bahwa si anak (perempuan) telah menikah.

Namun keluarga mempelai wanita justru kebingungan saat mendapat kabar, lantaran mereka merasa tidak memiliki anak wanita.

Baca juga: Dapat Surprise Bridal Shower dari Sahabat, Doni Haryono dan Wilda Nurfadhilah Ketahuan Bakal Nikah

Saat melakukan proses Nyelabar, diketahui ternyata NE merupakan seorang pria yang dikenal memiliki kecenderungan memiliki sifat wanita.

"Informasi dari Kepala Dusun setempat, benar seperti itu, diketahu NE ini ternyata seorang pria saat proses Nyelabar," kata Deni.

Kepala Dusun setempat kemudian memberi tahu pada calon pengantin pria bahwa yang akan dinikahinya adalah seorang pria, bukan wanita.

Kerap Pakai Hijab dan Lipstik

Sebelum diketahui identitas aslinya, NE alias ZK memang berpenampilan layaknya perempuan dengan menggunakan kerudung.

"NE ini kan keseharian di sini pakai jilbab, terus pakai lipstik, tidak ada yang curiga dia laki-laki, karena bentuk dan cara jalannya kayak perempuan sekali," kata Toha ditemui di rumahnya, Selasa (12/9/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat