androidvodic.com

Alasan Wali Kota Bogor Copot Kepala Sekolah yang Pecat Guru Horoner, Singgung soal Kepemimpinan - News

NewsWali Kota Bogor, Bima Arya mencopot Nopi Yeni, seorang Kepala Sekolah SD Negeri Cibeureum 1, Bogor, Jawa Barat.

Nopi Yeni dicopot dari jabatannya tak lama setelah memecat seorang guru honorer, Mohammad Reza Ernanda (27) yang mengungkap adanya praktik pungutan liar (pungli) di sekolah tersebut.

Bima Arya menegaskan pencopotan Nopi Yeni itu lantaran kepala sekolah tersebut terbukti melakukan suap pada proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024.

"Diberhentikan, dipindah dan dikenakan sanksi, karena bukti-bukti tindakan gratifikasi. Iya di PPDB kemarin," kata Bima Arya, Rabu (13/9/2023), dikutip dari TribunnewsBogor.com.

Namun, Nopi Yeni yang terbukti melakukan gratifikasi itu masih memiliki waktu 15 hari ke depan untuk menyampaikan keberatannya atas keputusan Bima Arya tersebut.

Jika Nopi Yeni tidak menyampaikan keberatan, maka pemberhentiannya itu akan diproses sesegera mungkin.

Baca juga: Kepala Sekolah yang Pecat Guru di Bogor karena Pungli Justru Diberhentikan Bima Arya: Pembelajaran

Meski Nopi Yeni masih bisa menyampaikan keberatannya, namun Bima Arya tetap tegas memberhentikan kepala sekolah tersebut karena terbukti melakukan gratifikasi.

Tidak hanya itu, Bima Arya pun menyinggung soal kepemimpinan Nopi Yeni.         

"Kalaupun keberatan nanti saya akan tetap berdasarkan kewenangan wali kota untuk memberhentikan dan menunjuk kepala sekolah yang baru karena kepemimpinannya tidak efektif,”

 “Kepala sekolah itu harus mengayomi, kepala sekolah itu harus betul-betul menjadikannya pengabdian, harus bersama-sama guru, fokus kepada pendidikan," pungkasnya.

Reza Mengaku Lega Usai Bisa Mengajar Lagi

Ratusan Pelajar SD Negeri Cibereum 1 saat Menolak Keras Pemecatan salah satu guru bernama Mohamad Reza Ernanda, Rabu (13/9/2023)
Ratusan Pelajar SD Negeri Cibereum 1 saat Menolak Keras Pemecatan salah satu guru bernama Mohamad Reza Ernanda, Rabu (13/9/2023) (TribunnewsBogor.com/Wahyu Topami)

Terkait kasus ini, selain memberhentikan Nopi Yeni, Bima Arya juga pasang badan untuk membela guru honorer yang telah difitnah tersebut.

Untuk itu, Bima Arya memastikan kini Reza dapat kembali mengajar di SD Negeri Cibereum 1.

Atas keputusan tersebut, Reza pun mengaku senang bisa kembali mengajar anak didiknya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat