androidvodic.com

3 Pekerja Proyek Pembangunan Tembok Penahan Tanah d Pangadaran Tewas Tertimbun Material - News

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

News, PANGANDARAN - Tiga pekerja proyek pembangunan tembok penahan tanah (TPT) di Pangandaran tewas setelah tertimbun material longsoran TPT.

Peristiwa ini terjadi di Dusun Tanjungsari, Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Senin (18/9/2023) sekitar pukul 09.50 WIB.

Camat Parigi, Nana Suryana membenarkan adanya peristiwa yang menimpa 3 orang tertimbun material di TPT.

"Ya, benar ini lagi di lokasi sedang evakuasi," ujar Nana kepada Tribunjabar.id melalui WhatsApp, Senin (18/9/2023) pagi.

Adapun 3 orang pekerja proyek di Pangandaran yang tertimbun material longsoran tembok penahan tanah (TPT) adalah Parno (69) dan Suib (63) warga di Dusun Tanjungsari Desa Ciliang Kecamatan Parigi dan Miskun warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Pangandaran.

Baca juga: 22 Orang Ditemukan Tewas Tertimbun Longsor di Area Tambang Batu Giok Myanmar

Saat ini ketiga korban langsung dibawa ke rumah duka untuk dilakukan pemulasaraan dan selanjutnya disemayamkan di TPU masing- masing kampungnya.

Sebelum disemayamkan, satu keluarga korban yang rumahnya dekat lokasi TKP, terlihat berduka dan menangis histeris, terutama, anak cucu korban.

Selain itu, warga tetangga satu korban juga ikut berduka dengan berkumpul di lokasi rumah korban yang merupakan dekat lokasi TKP.

Saat kejadian TPT ambruk, menurutnya seperti suara gemuruh.

"Jadi, ambruk sekaligus mengenai 3 orang yang sedang bekerja," katanya.

Sudah Diingatkan Warga 

Kepala Desa Ciliang, Su'id, mengatakan, warga juga pernah memberi peringatan kepada para pekerja sebelum kejadian. 

"Harusnya pakai ukuran galian sebelum TPT jadi. Jadi, jangan ada tambahan (galian) lagi. Tapi, mungkin suara warga enggak didengar," ujar Su'id kepada wartawan di lokasi kejadian, Senin.

Dia mengatakan, dua dari korban adalah penduduk asli Ciliang.

Satu lainnya merupakan mandor yang berasal dari Pangandaran.

"Mungkin, mandor juga ikut kerja sambil memberi arahan tapi nyatanya seperti ini (tiga orang tertimbun material longsoran TPT)," katanya.

Satu warga yang berada di lokasi, Eman, mengatakan, dua korban sedang menggali tanah dan satu korban lainnya sedang memasang adukan saat kejadian.

 "Jadi, ketiganya tertimpa pasangan (TPT) yang dibangun di pinggir jalan," ucapnya.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul 3 Pekerja Proyek di Pangandaran Meninggal Tertimbun Material TPT, Sebelumnya Sudah Diingatkan Warga

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat