androidvodic.com

Ratusan Knalpot Brong Hasil Sitaan Polresta Malang Kota Disulap Jadi Patung Robot - News

News - Ratusan knalpot brong hasil sitaan disulap menjadi sebuah karya seni berupa patung robot.

Patung robot dari ratusan knalpot brong ini berdiri gagah di gerbang pintu masuk Polresta Malang Kota, Kota Malang, Jawa Timur.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim mengatakan, patung tersebut diberi nama Monumen Disiplin.

"Ide awal pembuatan Monumen Disiplin tersebut, merupakan arahan langsung dari Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto."

"Monumen itu memiliki tinggi sekitar 2,5 meter dan lebar sekitar 1,5 meter," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (17/9/2023).

Baca juga: Pemecahan Rekor MURI Warnai Kemeriahan FDR Day 2023 di Bandung

Untuk bahan baku pembuatannya, berasal dari knalpot brong hasil penindakan yang dilakukan Satlantas Polresta Malang Kota.

"Bahan pembuatan monumen ini, berasal dari knalpot brong. Untuk jumlahnya, sekitar 210 knalpot," tambahnya.

Dirinya menerangkan, proses pengerjaan Monumen Disiplin tersebut memakan waktu selama 3 bulan. Dengan melibatkan seniman asal Kota Malang bernama Firman.

Tujuan dari keberadaan monumen tersebut, untuk mengedukasi masyarakat agar patuh terhadap aturan lalu lintas.

"Tujuannya, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Bahwasannya pengendara sepeda motot harus menggunakan knalpot standar," terangnya.

Baca juga: Polsek Berbah Mengamankan 2 Orang yang Diduga Pembuang Bayi Kembar di Sleman, Orangtua Kedua Bayi?

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim saat menunjukkan Monumen Disiplin berbentuk patung Transformers yang dibuat dari sitaan knalpot brong.
Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Akhmad Fani Rakhim saat menunjukkan Monumen Disiplin berbentuk patung Transformers yang dibuat dari sitaan knalpot brong. (TribunJatim.com/Kukuh Kurniawan)

Sejauh ini, pihaknya beberapa kali masih mendapati adanya pengendara sepeda motor yang memakai knalpot brong.

Pihaknya pun berharap, masyarakat semakin sadar dan memahami bahwa keselamatan dan ketertiban berlalu lintas merupakan hal yang utama.

"Harapannya, masyarakat semakin sadar dan paham bahwa keselamatan dan ketertiban berlalu lintas adalah hal yang utama. Hal tersebut harus kita patuhi dan diterapkan bersama," tandasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Kreatif, Polresta Malang Kota Sulap Ratusan Knalpot Brong Hasil Sitaan Jadi Patung Transformers.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat