androidvodic.com

Ribuan Meter Persegi Lahan Bunga Edelweiss di Gunung Gede Pangrango Hangus Terbakar - News

News - Lahan bunga edelweiss di Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat hangus terbakar.

Total ada 2 ribu meer persegi hamparan bunga edelweiss di Alun-alun Suryakencana Gudung Gede Pangrango yang hangus terbakar akibat kebakaran lahan.

Diketahui, luas savana Alun-alun Suryakencana mencapai 50 hektare.

Dan sekitar 35 hektar ditumbuhi bunga edelweiss yang tersebar dibeberapa titik.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Sapto Aji Prabowo mengatakan, berdasarkan hasil pendataan seluas 2,9 hektar lahan di Alun-alun Suryakencana hangus terbakar.

"Dari 2,9 hektar lahan yang terbakar itu, 2,6 hektar merupakan lahan savana, dan 0,2 hektar atau 2.000 meter per segi lahan Edelweis serta seluas 0.1 hektar Cantigi yang terbakar," katanya pada wartawan, Rabu (20/9/2023).

Baca juga: Savana Alun-alun Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Terbakar, Diketahui Berdasarkan Pantauan CCTV

Menurutnya, proses pemulihan bunga Edelweiss termasuk cepat, yaitu selama satu tahun penuh. Namun itu pun apabila habitatnya dipastikan aman dan tidak terganggu.

"Bunga Edelweis memiliki proses pemulihan yang cukup cepat, sehingga kita berharap kawasan Edelweiss ini sudah bisa pulih dalam satu tahun," kata dia.

Selain itu ia mengatakan, pasca terjadinya kebakran lahan di Alun-alun Suryakencana, pengawasan di jalur pendakian akan dipeketat.

"Kita meminta agar para calon pendaki agar tidak menyalakan perapian yang bisa memicu terjadinya kebakaran lahan. Sejumlah petugas pun masih berada di Alun-alun Suryakencana untuk mencega terjadinya kebakaran kembali," kata dia.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Buntut Kebakaran di Gunung Gede Pangrango, 2000 Meter Persegi Lahan Bunga Edelweiss Hangus Terbakar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat