androidvodic.com

Dinsos Ambon Evakuasi Warga yang Dipasung selama Puluhan Tahun, Diduga Depresi - News

News - Dinas Sosial Kota Ambon, Maluku evakuasi seorang perempuan yang telah dipasung selama puluhan tahun.

Perempuan bernama Wai Koi tersebut dipasung lantaran alami depresi karena ditipu dan ditinggal suaminya puluhan tahun lalu.

Ia dipasung oleh keluarganya sendiri agar tak terjadi hal yang tak diinginkan.

Beruntung, melalui jemput bola Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon, yang rutin mengontrol dari rumah ke rumah menemukan dan menyelamatkannya.

Saat diwawancarai TribunAmbon.com di Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD), Plt Kepala Dinas Sosial, Endrico Matitaputty mengaku awal penemuan Wa Koi itu dari petugas yang mendata Lansia di kompleks Pohon Mangga.

"Iya. Wai Koi ditemukan saat petugas mendata Lansia di kompleks Pohon Mangga, Air Salobar. Ternyata ada ODGJ yang dikurung dan dipasung puluhan tahun,” tutur Matitaputty, Jumat (22/9/2023).

Baca juga: Jasad Wanita Tanpa Busana Ditemukan Membusuk di Dekat Sungai, Polisi Menduga Korban adalah ODGJ

Kata dia, kejadian sudah berlangsung lama dan sejak itulah mulai dikurung serta dipasung, namun pihak keluarga tidak pernah menceritakan tentang kondisi yang dialami.

Untuk itu, dirinya mengingatkan seluruh warga Kota Ambon segera melapor ke Dinsos jika ada anggota keluarga uang mengidap atau mengalami penyakit serupa.

“Kejadian ini sebelum kerusuhan. Tapi pihak keluarga tidak cerita ke orang lain. Makanya, jika ada yang alami nasib serupa, mohon segera dilaporkan,” ucapnya.

Terangnya, Wai Koi pernah sembuh tapi kembali lagi hingga saat ini, Dinsos serius menangani permasalahan seperti ini, jadi masyarakat juga harus proaktif.

“Dinsos serius. Jadi tolong warga proaktif untuk memberikan laporan. Jangan dikurung maupun dipasung. Itu melanggar Kemensos nomor 12 tahun 2018,” tandasnya.

Kini, Wai Koi sudah dibawa dan menjalani perawatan di RSKD Maluku.

“Sekarang, Wai Koi ditangani dan dirawat pihak RSKD,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di TribunAmbon.com dengan judul Tragis, Warga Dipasung Puluhan Tahun, Dinsos Kota Ambon Turun Tangan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat