androidvodic.com

Udara Diduga Tercemar Gas Beracun Penyebab 24 Warga Desa Aceh Timur Tumbang Diselidiki  - News

News, ACEH - Penyebab bau tak sedap yang mengakibatkan puluhan warga Dusun CV 8 Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Aceh, Aceh Timur tumbang kini tengah diselidiki.

VP Relations & Security PT Medco E&P, Arif Rinaldi mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti laporan warga terkait dugaan kebauan di sekitar area operasi di Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Alam, Aceh Timur, yang menyebabkan beberapa warga dirawat di RSUD dr Zubir Mahmud.

Untuk diketahui, Desa Panton Rayeuk T, desa terdekat dengan aktivitas Eksplorasi PT Medco.

"Saat ini, sebagian warga sudah diperbolehkan pulang oleh paramedis," ungkap Arif Rinaldi.

Arif melanjutkan, bahwa perusahaan juga telah menurunkan tim Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lindung Lingkungan ke lokasi kejadian dan memberikan penanganan kesehatan kepada warga

Saat ini, perusahaan tengah melakukan kegiatan perawatan fasilitas sumur di Lapangan Gas Alur Siwah dalam upaya menjaga keandalan operasi. “Perusahaan akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan penanganan secara maksimal," ujar Arif Rinaldi.

Baca juga: Hirup Gas Beracun Seperti Telur Busuk, 24 Warga Desa di Aceh Timur Tumbang, 88 KK Mengungsi

 
1. 24 Warga Desa Panton Rayeuk T Tumbang

Puluhan warga Dusun CV 8 Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Aceh, Aceh Timur, dilaporkan keracunan setelah diduga menghirup udara yang tercemar gas beracun.

Untuk diketahui, Desa Panton Rayeuk T, desa terdekat dengan aktivitas Eksplorasi PT Medco.

"Informasi awal yang keracunan sekitar 15 orang warga Desa Panton Rayeuk T, namun hingga malam ini diperkirakan sudah mencapai 24 orang yang keracunan," ungkap Abdullah Keuchik Gampong Panton Rayeuk A, yang dihubungi Serambinews.com, Minggu malam.

Keuchik Abdullah mengaku warga desanya (Desa Panton Rayeuk A) juga ada dua orang yang terpapar udara beracun namun tak parah dan tidak dirujuk ke rumah sakit.

2. Gas Beracun Baunya Seperti Telur Busuk

Mulanya, ungkap Abdullah, warga menghirup udara beracun seperti bau telur busuk sekitar pukul 15.00 WIB.

"Kemudian Pukul 16.00 hingga pukul 17.00 WIB bau udara semakin parah sehingga menyebabkan warga keracunan mulai dari orang dewasa hingga anak-anak yang sedang bermain bola di lapangan," ungkap Keuchik Lah, yang bersebelahan dengan desa lokasi kejadian.

Puluhan warga Dusun CV 8 Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Aceh, Aceh Timur tumbang setelah diduga menghirup gas tercemar racun
Puluhan warga Dusun CV 8 Desa Panton Rayeuk T, Kecamatan Banda Aceh, Aceh Timur tumbang setelah diduga menghirup gas tercemar racun (SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI)

3. Dirujuk ke RSUD dr Zubir Mahmud Aceh Timur

Saat ini semua warga yang diduga menghirup udara beracun sudah dirujuk ke RSUD dr Zubir Mahmud Aceh Timur.

"Sebagian warga juga masih ada yang dirawat di Puskesmas Banda Alam, dan banyak warga Panton Rayeuk T sudah mengungsi ke kantor Keuchik Banda Alam," ungkap Keuchik.

4. Korban Gas Beracun di Desa Panton Rayeuk T Merasakan Pusing, Mual, Muntah, dan Lemas

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat