androidvodic.com

Viral Video Orang Utan Kurus Kering Berjalan dengan Anaknya, Kini Dievakuasi BKSDA Kaltim - News

News – Sebuah video yang memperlihatkan orang utan bertubuh kurus kering berjalan dengan anaknya, viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh akun @indoflashlight, Kamis (21/9/2023) lalu, dua orang utan itu tampak lemas saat berjalan.

Akun tersebut menyebut orang utan yang diduga berada di Sangatta, Kalimantan Timur itu kekurangan nutrisi.

Miris! Orangutan kurus kering turun ke jalan ‘kelaparan’. Tubuhnya kurus kering seperti kurang nutrisi. Diduga lokasinya berada di Sangatta, Kalimantan Timur,” tulis keterangan dalm video tersebut.

Terkait video viral tersebut, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan pencarian terhadap dua orang tuan itu.

Kepala BKSDA Kalimantan Timur, M Ari Wibawanto mengatakan telah menemukan induk orang utan itu di Kutai Timur pada Sabtu (23/9/2023) lalu.

Baca juga: Kondisi Guru di Demak yang Dibacok Siswanya Kini Stabil, Bisa Diajak Komunikasi dengan Baik

Ari Wibawanto mengatakan melalui Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Seksi Konservasi Wilayah II Tenggarong pihaknya menemukan induk orang utan tersebut berada di perbatasan wilayah dua perusahaan.

Saat itu, induk orang utan itu terpantau bersama anaknya berada di area perbatasan PT. IDXM dan PT. GM (inisial), Kilometer 35, Kampung 26, Kecamatan Kaubun, Kabupaten Kutai Timur.

Namun, anak orang utan itu melarikan diri saat tim berusaha mendekatinya.

Alhasil, saat itu hanya induknya saja yang berhasil mengevakuasinya.

Ari mengatakan induk orang utan yang viral di media sosial itu diduga berpenyakit.

Induk orang utan itu kini juga telah menjalani pemeriksaan medis.

Namun, hasil pemeriksaan tersebut baru akan keluar dalam kurun waktu satu hingga dua minggu ke depan.

"Kita sudah me-rescue induk orang utan tersebut, sekarang dalam penanganan tim medis, kemungkinan induk orang utan itu berpenyakit," ungkap Ari Wibawanto, Selasa (26/9/2023), dikutip dari TribunKaltim.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat