androidvodic.com

Tiga Gunung di Kabupaten Sukabumi Kebakaran dalam Sehari, Mobil Damkar Kesulitan Mengakses Lokasi - News

News, - Tiga gunung yang berada di Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengalami kebakaran dalam satu hari, pada Selasa (26/9/2023).

Kebakaran pertama terjadi di Gunung Manglayang di Kampung Pojok, Desa Tegalpanjang, Kecamatan Cireunghas.

Kedua Gunung Cilisung di Kampung Tanjungpura, Desa Cireunghas, Kecamatan Cireunghas.

Baca juga: Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango Kebakaran, Pelaku Diduga Orang Linglung

Ketiga Gunung Rasamala, yang berdampak ke daerah hutan Lio RT 01/01, hutan Tanjungpura RT 04/02, hutan Cilisung RT 05/02, dan hutan Cibadak RT 07/02).

"Ya kebakaran terjadi di tiga gunung. Ini merupakan lahan gambut yang mudah terbakar akibat kekeringanan sehingga mudah menjalar," ujar Kapolsek Cireunghas Ipda Hendrayan kepada Tribunjabar.id, Rabu (27/09/2023).

Menurutnya, pihak Kepolisian bersama Damkar Sukaraja, Koramil, BPBD, dan warga masyarakat melakukan upaya pemadaman.

Namun upaya pemadaman terkendala akses kendaraan mobil damkar yang tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran.

"Jadi pemadaman dilakukan dengan seadanya dan menggunakan alat tradisional dari batang pohon secara bersama-sama," tutur Hendra.

Pihaknya saat ini masih menyelidiki kebakaran tersebut. Namun dugaan awal diduga sumber api akibat cuaca panas musim kemarau.

Lokasi kebakaran merupakan semak belukar dengan jenis tanah bergambut dengan luas area lokasi kebakaran lahan 2 sampai 3 hektare.

"Tadi malam api sudah padam. Namun asap bekas kebakaran masih terlihat dikarenakan di lahan gambut. Meskipun api sudah padam, tetap mengeluarkan asap dari dalam tanah," tutup Hendra. (Dian Herdiansyah/TribunJabar)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat