androidvodic.com

Ratusan Mahasiswa Demo di Gedung Sate, Teriakkan Penanganan Kasus HAM di Indonesia - News

News - Gedung Sate di Kota Bandung, Jawa Barat, didatangi ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Jabar, Jumat (29/9/2023).

Mereka menyuarakan soal pengusutan masalah hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di Indonesia.

Di antaranya maslaah Kanjuruhan, hingga Pulau Rempang.

Mahasiswa ini di antaranya membawa bendera dan mengenakan jaket almamater Universitas Pasundan, Universitas Islam Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Negeri SGD, sampai Universitas Katolik Parahyangan.

Mereka memulai unjuk rasa di badan Jalan Diponegoro pada sore hari. Mereka membakar ban, berorasi, membentangkan spanduk, dan melakukan akai teatrikal.

Kemudian setelah kumandang azan maghrib, mereka mendekat ke pagar Gedung Sate dan membakar flare, melempar benda terbakar ke halaman Gedung Sate, dan membakar spanduk serta pembatas jalan di pagar.

Baca juga: Buruh Demo Besar-Besaran soal Kenaikan Upah 2024, Minta Waspada Penyusup

Mereka menuntut agar bisa bertemu dengan Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin.

Koordinator aksi, M Arya Pradana mengatakan menyampaikan beberapa tuntutan, khususnya kepada Penjabat Gubernur Jabar.

Mereka menyebut bulan ini sebagai September Hitam karena diliputi berbagai kejadian kelam.

"Mengenai beberapa kasus HAM yang memang belum terselesaikan sehingga kami minta kepada Pj Gubenur untuk menekan kepada pusat untuk segera menyelesaikan beberapa kasus HAM," katanya di sela aksi.

Kedua adalah masalah di Pulau Rempang mengenai agraria.

Selain itu, di Jabar juga yang saat ini disorotnya, yakni krisis mengenai sampah bahkan beberapa tempat di Jabar juga saat ini sudah mengalami overload sampah.

"Kami akan menyampaikan rilis dan jika pemerintah juga sampai hari ini belum menyampaikan juga atau memberikan klarifikasi, maka layak kita untuk bisa menduduki daripada gedung ini (gedung sate)," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul September Kelam, Kata Mahasiswa yang Unjuk Rasa di Gedung Sate dengan Bakar Spanduk hingga Flare

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat