androidvodic.com

Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Stasiun Padalarang Setelah Resmikan KA Cepat Whoosh - News

News, BANDUNG BARAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau Stasiun KCJB Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Senin (2/10/2023).

Presiden bertolak ke Padalarang setelah meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) alias Whoosh di Stasiun Halim, Jakarta Timur.

Presiden Jokowi tiba di Stasiun KCJB Padalarang, KBB pada pukul 09.44 dengan didampingi sejumlah menteri.

Baca juga: Berhasil Bangun Kereta Cepat Whoosh, Jokowi Minta Anak Buahnya Tidak Alergi Kritikan

Di Stasiun Padalarang, Jokowi sempat mengecek kesiapan beberapa fasilitas penunjang kereta cepat tersebut.

Kemudian dia bersama rombongannya langsung naik kereta Feeder menuju ke Kota Bandung.

Sementara di luar stasiun, sejumlah warga setempat sudah menunggu kedatangan Jokowi, sayangnya mereka gagal bertemu dengan kepala negara ini karena Jokowi tak sempat keluar dari Stasiun KCJB Padalarang.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim kereta cepat Jakarta-Bandung, Whoosh, saya nyatakan dioperasikan," ucap Jokowi dikutip dari Tribunnews, Senin (2/10/2023).

Jokowi mengatakan, Whoosh ini merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi optimal, sistem hebat. Nama Whoosh tersebut terinspirasi dari suara kereta yang melesat cepat.

"Sekali lagi Whoosh kereta cepat Jakarta Bandung ini menandai modernisasi transportasi kita yang efisien ramah lingkungan, yang terintegrasi moda transportasi lainnya maupun terintegrasi Transit Oriented Development (TOD)," kata Jokowi.

Kereta dengan kecepatan 350 Km per jam tersebut, kata Jokowi, merupakan hal baru bagi Indonesia. Tidak hanya kereta cepat, kereta MRT dan LRT juga merupakan hal yang baru.

Baca juga: Jokowi Berlakukan Tarif Gratis Kereta Cepat WHOOSH Jakarta-Bandung, Begini Cara Pesannya

Warga berfoto seusai menjajal Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) di Stasiun Tegalluar, Cibiru Hilir, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/9/2023). (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)
"Baru teknologinya, baru kecepatannya dan juga konstruksinya, baru juga model pembiayaannya, semuanya serba baru," ucapnya.

Terkait peresmian kereta cepat tersebut, rencananya Jokowi akan memberikan keterangan yang lebih lengkap di Stasiun KCJB Padalarang KBB, tepatnya setelah beraktivitas di Kota Bandung pada siang ini. 

Penulis: Hilman Kamaludin

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Presiden Jokowi Meninjau Stasiun Padalarang Setelah Resmikan KA Cepat Whoosh di Stasiun Halim

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat