androidvodic.com

Lahan di Area Bandara Kertajati Majalengka Terbakar, Personil Gabungan Gercep Lakukan Pemadaman - News

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

News, MAJALENGKA - Kebakaran lahan terjadi di area bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin (2/10/2023).

Titik api muncul di tengah lahan kering di areal pintu masuk BIJB Kertajati yang jaraknya cukup jauh dari terminal bandara.

Selain itu, area yang terdampak kebakaran juga berada di luar terminal, taxiway, maupun runway, sehingga tidak mengganggu aktivitas BIJB Kertajati.

"Tentunya, hal ini menegaskan bahwa api yang muncul tidak sama sekali mengganggu aktivitas Bandara Kertajati," kata Executive General Manager BIJB Kertajati, Nuril Hudamelalui keterangan tertulis yang diterima Tribuncirebon.com, Selasa (3/10/2023).

Dikatakannya, total luas seluruh area BIJB Kertajati mencapai 1.800 hektar sedangkan yang terdampak kebakaran hanya sebagian kecil yang jaraknya cukup jauh dari terminal bandara.

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam penanganan kebakaran itu dari mulai BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, hingga pemadam kebakaran.

Baca juga: Kabut Asap Tebal Imbas Kebakaran Lahan di Sampit Kalteng Tidak Ganggu Penerbangan

Pasalnya, keberhasilan dalam penanganan kebakaran tidak terlepas dari sinergitas seluruh stakeholder BIJB Kertajati yang tergabung dalam Komite Keselamatan Penerbangan.

 "Kami juga menurunkan tiga unit kendaraan utama foam tender dari tim PK-PPK BIJB Kertajati, dan dibantu dua unit mobil Damkar Majalengka, serta Polres Majalengka," ujar Nuril Huda.

Kesigapan ratusan personel gabungan yang dikerahkan pun akhirnya berhasil menanggulangi kobaran api yang menghanguskan lahan tersebut.

"Proses penanganannya fokus pada pengamanan aset di wilayah bandara, sehingga kami memastikan seluruh fasilitas operasional BIJB Kertajati aman," kata Nuril Huda.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Area BIJB Kertajati Majalengka Terbakar Tapi Tak Ganggu Aktivitas Bandara, Dipadamkan Tim Gabungan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat