androidvodic.com

Waspada LGBT di Kalangan Pelajar, KPA Klaten Minta Guru BK Cek HP Siswa - News

News - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, gelar sosialisasi HIV dan Kewaspadaan perilaku Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LBGT) di Pendopo Kabupaten, Selasa (3/10/2023).

Sosialisasi tersebut diberikan kepada guru Bimbingan Konseling (BK) tinggal SMA sederajat hingga pondok pesantren se-Kabupaten Klaten.

Sosialisasi tersebut dilakukan sebagai bentuk kewaspadaan terhadap antisipasi perilaku LGBT di kalangan remaja, terutama pelajar.

Dr Ronny Roekmito selaku Sekretaris KPA Klaten mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi melihat dari tren peningkatan kasus LGBT di Kabupaten Klaten.

“Berdasarkan identifikasi KPA Klaten, kasus HIV berdasarkan factor resiko LGBT, terutama perilaku gay atau LSL (lelaki seks dengan lelaki) di Kabupaten Klaten, berjumlah 146 kasus," paparnya, dikutip dari TribunSolo.com, Kamis (5/10/2023).

Ia menjelaskan, angka tersebut didapatkan berdasarkan temuan kasus HIV.

Baca juga: Kenalan dengan Sesama Gay Lewat Aplikasi Hornet, Pria LGBT di Medan Dirampok Saat Bercinta

Meski begitu, pihaknya meyakini masih banyak perilaku LGBT yang belum teridentifikasi, terutama di kalangan remaja yang memiliki risiko tinggi terpapar perilaku LGBT, karena mempunyai rasa ingin tahu yang besar.

Hal tersebut didukung dengan perkembangan teknologi yang cepat, hingga tak menutup kemungkinan, komunitas LGBT berkembang melalui aplikasi daring.

Untuk itu, pihaknya meminta tenaga pendidik untuk aktif melakukan pemantauan langsung terhadap perilaku remaja.

"Silahkan cek HP dari siswa bapak ibu guru sekalian, jangan-jangan ada aplikasi ini."

"Dan sangat memungkinkan ada media lain yang digunakan dan aplikasi ini sangat mudah penggunaannya. Inilah yang harus kita waspadai, dan banyak sekali faktor pendukungnya,” ujar dr Ronny.

Ia menambahkan, tenaga pendidik untuk mensosialisasikan risiko yang dialami seperti tertular penyakit kelamin hingga HIV/AIDS.

“Deteksi awal munculnya perilaku LGBT sendiri dimungkinkan karena gaya hidup maupun dari media yang menampilkan publik figur yang di ditiru."

"Karena itu, selalu awasi anak didik kita dan selalu beri pendampingan dan edukasi yang tepat,” ujarnya.

Baca juga: KemenPPPA Minta Youtube Hentikan Tayangan Video Lagu Anak Diduga Berunsur LGBT

Temuan LGBT di Wonogiri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat