androidvodic.com

Kebakaran Lahan di Kampung Gegerbitung Cianjur Telan Satu Korban Jiwa - News

News, CIANJUR -  Kebakaran lahan di Kampung Gegerbitung, Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat menelan satu korban jiwa.

Korban meninggal dunia adalah Kodir (65), warga Kampung Gegerbitung RT 03/05, Desa Sukasari, Kecamatan Cilaku. 

Korban diduga ketika hendak memadamkan kebakaran lahan yang terjadi di sekitaran area galian C yang sudah dipenuhi ilalang.  

Baca juga: Pemerintah Bakal Maksimalkan Operasi Darat untuk Tangani Kebakaran Hutan dan Lahan

Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur, Hendra Wira Wiharja, mengatakan, awalnya Damkar Cianjur mendapatkan informasi adanya kebakaran di lokasi tersebut.

Saat proses pemadaman api, petugas Damkar menemukan adanya sesosok jenazah dengan kondisi terpanggang di tengah ilalang yang terbakar. 

“Kebakarannya terjadi sekitar pukul 10.30 WIB. Anggota langsung meluncur dengan menerjunkan dua unit mobil damkar ke lokasi. Saat proses pemadaman, kita temukan sesosok mayat pria yang sudah dalam keadaan terbakar,” kata Hendra, Senin (9/10/2023).

Petugas pun langsung berusaha memadamkan api pada jenazah tersebut juga di sekitarnya.

"Kita utamakan padamkan api yang menyelimuti jenazah tersebut dan di sekitar jenazah untuk memudahkan evakuasi," ucapnya. 

Hendra belum mengetahui penyebab Kodir bisa terbakar. Jenazah Kodir ditemukan dalam posisi telentang di atas bebatuan besar.

"Info dari rekan korban, kemungkinan korban ini melihat adanya alang-alang yang terbakar. Saat akan memadamkan api, diduga korban ini tergelincir hingga jatuh dan kepalanya menghantam batu besar. Itu hanya dugaan,” kata dia. 

Baca juga: Jumlah Titik Panas Meningkat, Pemerintah Akan Terus Pantau Daerah Rawan Kebakaran Hutan dan Lahan

Hendra mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Cianjur soal penemuan jenazah terbakar tersebut.

Jenazah Kodir telah dievakuasi dan dibawa ke RSUD Sayang.

Pada peristiwa itu, alang-alang empat hektare terbakar.

"Penyebab kebakaran pun masih kami dalami," kata dia. 

Baca juga: Viral Korban Kebakaran di Pasar Kliwon Nangis Uang Belasan Juta Hangus, Bank Indonesia Beri Gantinya

Kasatreskrim Polres Cianjur Iptu Tono Listianto, mengatakan, pihaknya masih mendalami penemuan warga yang tewas di tengah ladang yang terbakar. 

"Kami belum tahu apakah ada tindak pidana sebum korban tewas atau murni tewas karena kebakaran lahan tersebut," ucapnya. (*)

Penulis: Fauzi Noviandi

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BREAKING NEWS, Kebakaran Lahan di Cianjur Telan Korban Nyawa, Kodir Ditemukan di Atas Batu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat