androidvodic.com

Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan, Pj Gubernur Sumsel Siapkan Kebijakan Penanganan Karhutla - News

News, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel.

Peninjauan dilakukan bersama Tim Satuan Tugas Karhutla di daerah Jungkal, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumsel.

Fatoni mengatakan Forkopimda dan Satgas Karhutla melakukan peninjauan langsung ke lokasi, agar bisa mengetahui persis kondisi di lapangan.

Satgas dan Forkopimda secara periodik mengunjungi lokasi titik kebakaran dan lokasi sekitarnya, baik melalui udara maupun langsung melalui darat.

Menurut Fatoni, keseluruhan hasil peninjauan akan dijadikan bahan untuk mengambil kebijakan terkait penanganan Karhutla di Sumsel.

"Saya bersama Pak Danrem dan Pak Danlanud telah meninjau beberapa lokasi kebakaran, agar bisa mengetahui kondisi kebakaran lahan dan hutan. Hasil ini akan dijadikan bahan bagi kami dalam mengambil kebijakan," kata Fatoni.

Sejak awal melaksanakan tugas, sebagai Pj Gubernur Sumsel, Fatoni langsung melakukan Rapat Koordinasi dengan Forkopimda Sumatera Selatan.

Dirinya mengajak jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumsel untuk membantu dirinya menuntaskan permasalahan Karhutla di wilayah ini.

Usai melakukan pantauan udara, Fatoni menyebut dirinya akan melaksanakan rapat bersama dengan mengajak Satuan Tugas Karhutla yang tergabung dalam satuan TNI, Polri, Bupati, Wali kota, perusahaan terkait dan masyarakat.

"Kita akan rapat bersama seluruh tim satgas yang ada di Pemprov gabungan TNI dan Polri, kemudian nanti ada bupati, walikota, pihak-pihak perusahaan swasta yang terkait, serta masyarakat yang terkait dengan ini kita akan bahas bersama nanti pada rapat," ujarnya.

Baca juga: Kasus Karhutla, KemenPPPA Soroti Hak Anak untuk Bermain dan Eksplorasi di Luar Ruangan

Fatoni menyampaikan, penanganan Karhutla merupakan satu di antara tugas dari Menteri Dalam Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang harus diprioritaskan.

"Salah satu arahan Bapak Mendagri kepada saya, agar diprioritaskan penanganan Karhutla," pungkas Fatoni.

Pada peninjauan lokasi Karhutla, Pj Gubernur Fatoni antara lain didampingi oleh Komandan Resort Militer (Danrem) 044/Gapo, Brigjen TNI M Naudi Nurdika dan Komandan Lanud Sri Muloyono Herlambang, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat