androidvodic.com

Sambut Kunjungan, Pj Gubernur Jateng Ucapkan Selamat Atas Dilantiknya Komisioner KPU Jateng - News

News - Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menerima kunjungan silaturahmi dari Komisioner KPU Jateng periode 2023-2028, Senin (16/10/2023). Dalam kunjungan kali ini dipimpin langsung oleh Ketua Handi Tri Ujiono bersama tiga anggotanya, yakni Paulus Widiyantoro, Muhammad Machruz, dan Rudinal.    

Mantan Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) menyampaikan selamat atas dilantiknya Komisioner KPU Jateng pada 26 September 2023 lalu. Ia pun menyampaikan harapannya kepada KPU selaku penyelenggara pemilu dan pemilukada profesional dalam melaksanakan tugasnya. 

"Selaku penyelenggara dalam proses pemilu, memang KPU ini bertanggung jawab terkait dengan penyelenggaraan (yang) berjalan dengan lancar, tertib, jujur dan adil," tutur Nana usai menerima KPU Jateng.

Baca juga: Pemprov Jateng Raih Peringkat Pertama Dalam JDIH Award 2023

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, lanjut Nana, tentu KPU tidak bisa bekerja sendiri. Kolaborasi harus dijalin dengan semua pihak, antara lain dengan pemerintah daerah, Bawaslu, dan TNI/POLRI.

"Intinya bahwa pelaksanaan Pemilu ini harus kita betul-betul sinergikan. Kita membentuk tim dalam rangka untuk tetap menjaga stabilitas keamanan dan penyelenggaraan pemilu-pemilukada ini berjalan dengan baik dan tertib," tutur Nana. 

Disinggung soal kesiapan anggaran, Nana mengatakan, baik provinsi maupun kabupaten/ kota, semua sudah menyelesaikan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD). Ini salah satu indikasi bahwa Jawa Tengah siap menyelenggarakan pesta demokrasi. 

Menurutnya kesiapan anggaran ini mendapatkan apresiasi dari KPU Jateng. Sebab, belum semua provinsi di Indonesia menyelesaikan persoalan NPHD.

"Alhamdulillah juga masalah anggaran, dalam hal ini kami dari pemprov memfasilitasi kebutuhan-kebutuhan yang terkait dengan penyelenggaraan pemilu dan pemilukada. Anggaran sudah kami sepakati dan sudah kami siapkan," tutupnya.

Baca juga: Tingkatkan Kesejahteraan, Pemprov Jateng Angkat 13.302 Guru Honorer jadi Tenaga PPPK

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat