androidvodic.com

Antar UMKM Naik Kelas, Pemprov Jateng Beri Pendampingan Usaha, Pelatihan hingga Kesempatan Ekspor - News

News - Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) membuat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) naik kelas telah dirasakan.

Pelaku UMKM mendapat pendampingan peningkatan usaha, kontak dagang, hingga pelatihan digitalisasi pemasaran dan pembuatan konten media sosial.

Tak cuma itu, ada juga pelaku UMKM yang mendapat kesempatan mengekspor produknya hingga Eropa.

Manfaat program-program tersebut dirasakan setidaknya tiga pelaku UMKM dari bidang craft atau kerajinan, yaitu Lintang Kejora Solo, Setyo Handmade Solo, dan Adi Sutaryo Craft Karanganyar.

Dapat Pendampingan Peningkatan Usaha

Pendampingan peningkatan usaha dari Pemprov Jateng dirasakan oleh UMKM asal Kota Solo, Lintang Kejora.

Lintang Kejora merupakan UMKM binaan Pemprov Jateng yang memiliki produk berupa dompet, tas, hingga totebag dengan corak khas batik jumputan asal Solo.

Owner Lintang Kejora, Rina Sulistyaningsih menyebut ia mendapat bimbingan teknis dari Pemerintah Kota Solo yang bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Semarang II di bawah UPTD Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng.

"Kami mendapat pendampingan, konseling, hingga bimbingan terkait manajemen dan SDM," ujarnya saat dijumpai di rumah produksi Lintang Kejora, Selasa (17/10/2023).

Pelaku UMKM Lintang Kejora, Rina Sulistyaningsih dijumpai di rumah produksi sekaligus gerai Lintang Kejora di Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/10/2023)
Pelaku UMKM Lintang Kejora, Rina Sulistyaningsih dijumpai di rumah produksi sekaligus gerai Lintang Kejora di Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/10/2023) (News/WAHYU GILANG PUTRANTO)

Baca juga: Bawa 30 UMKM Binaan ke Trade Expo Indonesia 2023, Pertamina Bagi Ilmu Perdagangan Ekspor

Lintang Kejora diberi sejumlah evaluasi untuk meningkatkan usahanya.

"Dirumuskan juga bagaimana untuk peningkatan produktivitas hingga penataan ruang display outlet," ucapnya.

Rina mengatakan kegiatan ini sangat membantu UMKM dan membuka wawasannya.

"Bayangan kami sudah melakukan semua dengan benar, ternyata setelah diberi pendampingan banyak yang perlu dibenahi, banyak yang perlu dirapikan dan ditingkatkan," kata Rina.

Fungsional Instruktur Managemen Produktivitas BLK Semarang II, Eri Sudibyo mengatakan kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja, produktivitas, dan daya saing usaha para pelaku UMKM.

"Kami mendatangi UMKM, melihat profil hingga melihat permasalahan yang ada," ujar Eri di rumah produksi Lintang Kejora Solo.

Fungsional Instruktur Managemen Produktivitas BLK Semarang II, Eri Sudibyo, dijumpai di gerai Lintang Kejora Solo, Selasa (17/10/2023).
Fungsional Instruktur Managemen Produktivitas BLK Semarang II, Eri Sudibyo, dijumpai di gerai Lintang Kejora Solo, Selasa (17/10/2023). (News/WAHYU GILANG PUTRANTO)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat