androidvodic.com

Hujan Lebat di Cimahi Tumbangkan 10 Pohon, BPBD Bakal Tetapkan Status Siaga Bencana - News

News - Hujan lebat pada Rabu (25/10/2023) di Kota Cimahi, Jawa Barat tumbangkan 10 pohon.

Tak hanya itu, hujan lebat disertai angin kencang tersebut juga merusak belasan rumah serta banjir di sejumlah titik.

Menanggapi hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi pun akan menetapkan status siaga bencana hidrometeorologi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Fitriandy Kurniawan, mengatakan, terkait rencana penetapan status darurat siaga bencana hidrometeorologi itu sudah mendapat persetujuan dari Pj Wali Kota Cimahi, Dicky Saromi.

"Atas perintah Pak Pj Wali Kota Cimahi kami rencananya akan membuat SK penetapan status siaga bencana hidrometeorologi," ujarnya di Kantor BPBD Kota Cimahi, Kamis (26/10/2023).

Fitriandy mengatakan, sebelum menetapkan status siaga bencana hidrometeorologi tersebut pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait soal kondisi cuaca yang terjadi saat ini.

Baca juga: Warga Riau Diminta Waspada Banjir, BMKG: Sudah Mulai Masuk Musim Hujan

"Kami juga akan koordinasi dengan BMKG terkait kondisi saat ini. Kami mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi cuaca di musim peralihan ini," kata Fitriandy.

Akibat hujan deras disertai angin kencang itu, kata dia, ada 18 unit rumah di Kelurahan Cigugur Tengah yang mengalami kerusakan ringan dan sedang.

"Selain rumah ada juga sarana lainnya yang rusak, tapi rata-rata rusak pada bagian atap karena terbawa angin kencang saat hujan deras," ucapnya.

Selain itu ada pohon tumbang di Kampung Sindangsari, Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah hingga menimpa rel kereta api, lalu di Jalan Encep Kartawiria, Kelurahan Citereup, Kecamatan Cimahi Utara, dan di beberapa titik lainnya.

"Dari hasil laporan sementara ada 10 titik kejadian pohon tumbang yang tersebar di beberapa titik akibat hujan deras disertai angin kencang," kata Fitriandy.

Selain pohon tumbang, kata dia, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan banjir di RT 03 dan 04 RW 06 serta RT 03/09, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cimahi Utara, namun kini kondisinya sudah mulai surut.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul BPBD Cimahi Tetapkan Siaga Bencana setelah Hujan Deras Tumbangkan 10 Pohon

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat