androidvodic.com

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Diberi Gelar Adat 'Suttan Mangku Keresidenan' Ini Maknanya - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni menerima gelar adat ‘Suttan Mangku Keresidenan’ yang diberikan oleh Lembaga Pembina Adat Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Gelar adat ini diberikan dalam kegiatan silahturahmi dengan Bupate dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), di Balai Rakyat Martapura Pemerintah Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan. 

Atas pemberian gelar adat ini, Fatoni meminta doa kepada masyarakat agar bisa menjalankan amanah yang telah diberikan oleh Lembaga Pembina Adat serta masyarakat Kabupaten OKU Timur.

"Saya mohon doa dapat menjalankan amanah ini. Penghormatan ini menguatkan saya untuk berjuang untuk Kabupaten OKU Timur dan untuk Provinsi Sumsel," kata Fatoni, Senin (6/11/2023).

Adapun gelar adat Suttan Mangku Keresidenan merupakan gelar penghormatan dari masyarakat adat Komering kepada sosok yang mampu memimpin dan menjadi panutan di Provinsi Sumsel. 

Gelar tersebut diberikan berdasarkan hasil musyawarah Lembaga Pembina Adat Kabupaten OKU Timur yang dilakukan pada tanggal 2 November lalu. 

Fatoni pun mengajak masyarakat OKU Timur untuk memajukan daerah secara bersama-sama.

"Bersama-sama kita terus majukan OKU Timur dan kita sejahterakan masyarakat," kata Fatoni.

Proses pemberian gelar ini dinobatkan oleh Keluarga Besar Leo Budi Rachmadi bin Syahrin Nasir Adok/Gelaran Batin Temunggung dari Desa Pulau Negara, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan.

Baca juga: Presiden Jokowi bersama PJ Gubernur Sumsel Tinjau Persediaan Beras dan Serahkan Bantuan

Selain Fatoni, Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel Tyas A. Fatoni turut diberi gelar adat, ‘Ratu Tutukan Warga’. Gelar ini memiliki arti perempuan panutan masyarakat yang mencerminkan cerah cerianya seorang ibu yang baik budi bahasanya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat