androidvodic.com

Seekor Paus Laut Terdampar di Pantai Bangko Manggarai Barat, Upaya Penyelamatan Gagal - News

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Berto Kalu

News, LABUAN BAJO -  Pesisir Pantai Bangko, Desa Nangabere, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat, NTT dikejutkan penemuan paus.

Mamalia laut itu  ditemukan nelayan setempat, Jumat 10 November 2023 pagi.

Paus yang terdampar itu berjenis Short Fin Pilot Whale atau lebih dikenal dengan paus pilot.

Awalnya nelayan warga desa setempat melihat ada sesuatu benda yang muncul ke permukaan laut.

Keingintahuan tersebut membuat beberapa warga setempat langsung menuju benda tersebut hingga diketahui bahwa benda itu adalah ikan paus.

Baca juga: Ikan Paus Tabrak Kapal di Australia, Nahkoda dan Seorang Kakek 61 Tahun Terlempar ke Laut

Saat ditemukan paus tersebut masih hidup, namun upaya penyelamatan tidak membuahkan hasil, paus tersebut mati beberapa saat kemudian.

Fadil Mubarak pegiat konservasi penyu di Desa Nangabere menjelaskan, pihaknya bersama masyarakat setempat sempat berusaha mendorong paus tersebut ke tengah laut.

"Sudah coba diselamatkan ke tengah laut tapi terus kembali ke pesisir dan sekarang sudah mati," jelas Fadil, dikonfirmasi POS-KUPANG.COM, Jumat 10 November 2023.

Pihaknya lantas melaporkan kejadian itu ke pihak  Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Laut sawu wilayah kerja Manggarai.

"Sore ini kabarnya Paus tersebut akan di kubur di pantai," jelasnya.

Beberapa di antara warga ada yang mengabadikan dengan kamera ponsel dan mengunggah ke media sosial. Pos Kupang sedang berusaha menghubungi BKKPN untuk mengetahui lebih lanjut mengenai informasi ini.

Dikutip dari lamar resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Paus pilot merupakan jenis mamalia laut yang dilindungi undang-undang dan termasuk dalam daftar satwa dilindungi berdasarkan Permen LHK No. P.106/MENLHK/SETJENKUM.1/12/2018 Tahun 2018.

Secara global, mereka terdaftar dalam Appendix II Convention on International Trade in Endangered Species (CITES). (uka)

Artikel ini telah tayang di Pos-Kupang.com dengan judul BREAKING NEWS: Paus Pilot Ditemukan Terdampar di Pesisir Lembor Selatan Manggarai Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat