androidvodic.com

Pengurus BEM FMIPA UNY yang Terseret Kasus Dugaan Pelecehan Seksual Dibekukan - News

News - BEM FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membekukan seorang pengurusnya berinisial MF yang terseret kasus dugaan pelecehan seksual kepada mahasiswa baru (maba) yang viral di media sosial X.

Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu, sempat viral adanya pelecehan seksual kepada maba lewat sebuah tangkapan layar chat WhatsApp yang diunggah oleh @UNYmfs.

Adapun terduga pelaku merupakan anggota BEM UNY.

Sementara terkait pembekuan MF berdasarkan Surat Keputusan Ketua BEM FMIPA UNY Nomor: 021/SK/PI/BEMFMIPAUNY/XI/2023 yang diterbitkan tertanggal 12 November 2023.

Dalam putusan yang tertuang dalam surat tersebut, MF dibekukan statusnya sebagai salah satu pengurus BEM FMIPA UNY.

"Membekukan MF dalam kepengurusan BEM FMIPA UNY 2023 hingga keadaan lebih kondusif atau terbukti kebenaran dari isu terkait," demikian tertulis dalam putusan tersebut, dikutip dari akun Instagram BEM FMIPA UNY, @bemfmipauny.

Sementara pertimbangan BEM FMIPA UNY membekukan MF sebagai salah satu pengurus, yaitu demi kelancaran investigasi terkait kasus dugaan pelecehan seksual tersebut.

"Bahwa untuk kelancaran proses investigasi isu kekerasan seksual yang beredar dimana melibatkan staf BEM FMIPA UNY," demikian tertulis dalam pertimbangan di surat tersebut.

Awal Kasus

Kasus ini berawal dari viralnya tangkapan layar dari sebuah chat dan diunggah oleh akun media sosial X, UNYmfs.

"Aku ga nyangka kuliah di /uny malah direndahin kaya gini... Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udh dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang," tulis postingan yang kini telah dihapus.

Lantas terduga pelaku berinisial MF yang merupakan salah satu pengurus BEM FMIPA UNY.

Hal ini diketahui dari akun X, @MasFrist yang menyebar identitas MF seperti Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dan foto yang bersangkutan.

MF Bantah Lakukan Pelecehan Seksual

Tangkap layar cuitan viral yang menyebut seorang mahasiswa berinisial MF yang diduga lecehkan junironya.
Tangkap layar cuitan viral yang menyebut seorang mahasiswa berinisial MF yang diduga lecehkan junironya. (Kolase News)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat