androidvodic.com

Pengabdian Masyarakat SKSG UI di Bekasi, Kegiatan Karang Taruna Diharapkan Lebih Aktif - News

News - Dosen Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia Dr Sapto Priyanto menilai  Karang Taruna jadi lembaga yang sangat penting di tengah masyarakat.

Melalui lembaga tersebut para pemuda yang merupakan generasi penerus bangsa, dapat belajar berorganisasi yang baik.

Oleh karenanya, menurut dia, penting pula bagi anggota Karang Taruna mengetahui apa itu manajemen organisasi, untuk meningkatkan kapasitas mereka menerapkan hal itu di setiap kegiatan.

Baca juga: Peringati Maulid Nabi, Ganjar Sejati Gandeng Karang Taruna Gelar Tablig Akbar di Garut

Demikian ia sampaikan di hadapan pemuda karang Taruna RW 18, Kelurahan Perwira, Kota Bekasi, Jawa Barat, dalam rangka pengabdian masyarakat Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia, belum lama ini.

Kegiatan ini dihadiri oleh 12 Pengurus Karang Taruna yang berasal dari 5 rukun tetangga yang ada di RW 18.

"Manajemen Organisasi merupakan hal yang penting dalam semua organisasi. Organisasi yang baik tentunya memiliki manajemen organisasi yang baik," kata Dr Sapto Priyanto.

Dijelaskannya bahwa manajemen adalah ilmu atau seni bagaimana mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain.

Artinya manajemen mengatur bagaimana sebuah organisasi dijalankan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.

"Sebuah organisasi secara menajemen mempunyai lima elemen yang wajin dipahami yaitu: Man ( sumber daya manusia) machine (peralatan yang digunakan untuk membantu jalannya organisasi), material (program kegiatan yang akan dilaksanakan), Metode (cara pelaksanaan dari program) dan Money (anggaran yang dibutuhkan). Semua hal tersebut di atas harus berjalan seiringan sehingga tujuan dari organisasi tercapai," terangnya.

Rangga, seorang peserta, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dari kegiatan ini, ia bisa mendapatkan ilmu bagaimana berorganisasi yang baik.

Ali, selaku Sekretaris Karang Taruna, mengucapkan terima kasih kepada Universitas Indonesia yang telah berkenan melaksanakan Pengabdian Masyarakat.

Baca juga: Gandeng Karang Taruna, Srikandi Ganjar Jawa Barat Gelar Turnamen Voli Putri

"Materi yang disampaikan relevan dengan permasalahan yang dihadapi Karang Taruna RW 18. Dengan adanya kegiatan ini, kami jadi paham bagaimana mengelola Karang Taruna menjadi lebih baik dan bermanfaat untuk warga," lanjut dia.

Ia berharap ke depannya kegiatan di Karang Taruna menjadi lebih aktif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat