androidvodic.com

Dua Kapal yang Mengangkut 341 Imigran Etnis Rohingya Terdampar di Perairan Pidie Aceh - News

Laporan Wartawan Serambi Indonesia Muhammad Nazar

News, SIGLI - Sebanyak 341 imigran etnis Rohingya, Myanmar terdampar di tepi Pantai Gampong Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga  Pidie dan tepi Pantai Pasi Berandeh, Gampong Kulee, Kecamatan Batee, Pidie, Rabu (15/11/2023) sekira pukul 17.10 WIB.  

Imigran Rohingya asal Negara Myanmar berjumlah 194 orang terdampar di tepi Pantai Gampong Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga (Laweung), Pidie, Selasa (14/11/2023), . 

Sehari berikutnya, Rabu (15/11/2023) sore, sebanyak 147 manusia perahu imigran Rohingya asal Negara Myanmar lainnya terdampar di tepi Pantai Pasi Berandeh, Gampong Kulee, Kecamatan Batee, Pidie, Rabu (15/11/2023) sekira pukul 17.10 WIB. 

Sebanyak 147 manusia perahu itu mendarat di Batee, Pidie, menggunakan satu kapal, rombongan warga negara asing atau WNA tanpa dokumen keimigrasian ini didominasi perempuan mencapai 57 orang. 

"Sesuai data kami terima jumlah imigran Rohingya terdampar di Batee berjumlah 147 orang," kata Camat Batee, Ihsan, kepada Serambinews.com, tadi malam.

Baca juga: Kashmir: Perempuan Rohingya Jadi Sasaran Pelaku Perdagangan Manusia

Ia merincikan 147 orang terdampar itu, yakni 46 laki-laki dewasa, 57 perempuan dewasa dan 44 anak maupun masih usia balita.

"Untuk kebutuhan air dan makanan sebagian dibantu warga.

IOM dan UNHCR telah mendata jumlah Rohingya yang terdampar di Batee," jelasnya.

 Sekretaris Panglima Laot Pidie, Marfian, kepada Serambinews.com, Rabu (15/11/2023) menyebutkan, imigran yang terdampar di Batee tidak ada yang kabur sebab saat warga bersama Abut Laot Lhot Batee melihat ada kapal kayu merapat, warga langsung membuat barisan.

"Saat ini, imigran yang terdampar di Batee telah diangkut dengan truk ke Kamp Mina Raya Padang Tiji," ungkapnya.

Seperti diketahui, sehari sebelumnya atau Selasa (14/11/2023), imigran Rohingya asal Negara Myanmar berjumlah 194 orang terdampar di tepi pantai Gampong Blang Raya, Kecamatan Muara Tiga (Laweung), Pidie. 

Etnis Rohingya berjumlah 194 itu telah ditampung di Kamp Mina Raya yang digabungkan dengan 141 Rohingya yang terdampar tahun 2022. 

Sehingga berdasarkan data Dinas Sosial Pidie, kini jumlah etnis Rohingya ditampung di Kamp Mina Raya di Gampong Leun Tanjong, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, mencapai 482 orang. 

Sebagaimana kerap diberitakan di pesisir Aceh, terutama di lintas Timur Utara Aceh mulai Aceh Besar, Pidie, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, dan lainnya kerap kali kedatangan imigran Rohingya yang terdampar melalui laut. 

 
Sumber: Serambi Indonesia

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul 2 Hari, 341 Imigran Rohingya Terdampar di Laweung dan Batee Pidie, Semua Ditampung di Kamp Mina Raya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat