androidvodic.com

Wali Kota Madiun Ungkap Kunci Penerapan Kebijakan Smart City - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Wali Kota Madiun Maidi mengungkapkan konsep kunci dalam kebijakan smart city.

Menurutnya, secara umum, strategi pembangunan Smart City Kota Madiun menetapkan dimensi Smart Branding atau pemasaran cerdas Kota Madiun sebagai “lokomotif” pendorong pembangunan.

Dirinya menjelaskan, pembangunan branding Kota Madiun ini akan bertumpu pada tiga identitas Kota Madiun, yakni, kuliner Pecel, Budaya dan olah raga Pencak Silat hingga Pusat industri dan pendidikan kereta api nasional.

Smart City mendasari strategi kota dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di beberapa bidang seperti ekonomi, lingkungan, mobilitas dan pemerintahan untuk mengubah infrastruktur kota dan layanan.

Hal ini diungkapkan Maidi pada disertasinya “Model Evaluasi Kebijakan Smart City : Studi Kasus Kota Madiun” pada ujian sidang terbuka Tugas Akhir Program Doktor (TAPD) pada Universitas Terbuka.

Dirinya resmi menyandang gelar Doktor Administrasi Publik sekaligus menjadi lulusan pertama program doktoral Universitas Terbuka (UT).

Ujian Sidang Terbuka TAPD ini dilaksanakan di Universitas Terbuka Convention Centre UTCC Universitas Terbuka Pondok Cabe, Tangerang Selatan pada Selasa, 21 November 2023. 

"Pemimpin harus menjadi pembelajar. Sebagai walikota saya ingin memberikan contoh bahwa ke depan kita harus menciptakan pemimpin yang lebih baik dari saya," ungkap Maidi melalui keterangan tertulis, Selasa (21/11/2023).

Rektor UT Ojat Darojat mengatakan Maidi merupakan lulusan pertama Doktor Administrasi Publik.

"Beliau berhasil lulus dengan nilai sangat memuaskan setelah melalui tahap akhir untuk memperoleh gelar akademik Doktor," kata Ojat.

Ojat berharap ini bisa memotivasi mahasiswa Promovendus lainnya di Universitas Terbuka agar dapat segera menyelesaikan studinya.

Tercatat, sebanyak 70 Promovendus yang tengah studi S3 di UT.

Sidang Terbuka ini merupakan sidang promosi Doktor yang dilaksanakan setelah Maidi dinyatakan lulus pada ujian sidang tertutup pada Jumat (3/11/2023).

Dirinya mengungkapkan kelulusan Maidi menjadi sebuah kebanggaan bagi UT ketika dipercaya pemerintah untuk membuka program doktor karena sebelumnya hanya sarjana dan pascasarjana, kemudian program doktor.

Baca juga: Momen SBY & AHY Sambut Kedatangan Prabowo saat Pembekalan Caleg DPR RI di Madiun

Dia berharap lulusan doktor dari UT yang telah berkomitmen, berjibaku sehingga lulus dapat berkontribusi di tanah air sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat