androidvodic.com

3 Babi Hutan Masuk Pemukiman Warga Padalarang, Dua Tertangkap dan Satu Ekor Lolos - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

News, BANDUNG BARAT - Diduga lolos dari kejaran pemburu, 3 ekor babi masuk ke permukiman warga di Kampung Purabaya, RT 01/06, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dua ekor babi berhasil ditangkap hingga satu mati ditusuk dan satu ekor lagi kabur ke kebun dan sampai saat ini belum ditemukan.

Kepala Desa Jayamekar, Siti Khoiriyah mengatakan, babi hutan itu diduga turun dari kawasan hutan Gunung Bendera, kemudian masuk ke permukiman warga karena diburu oleh pemburu yang biasa mencari babi di hutan.

"Soalnya kemarin pemburunya ada, jadi ada 3 orang pemburu.

Baca juga: Petani di Ciamis Diseruduk Babi Hutan, Ratusan Warga Lakukan Perburuan

Mereka membawa 2 anjing pemburu, kata dia total semua babi hutannya ada 9 ekor yang turun ke sini," ujarnya saat ditemui, Selasa (28/11/2023).

Dugaan itu semakin kuat karena babi hutan itu tiba-tiba masuk ke permukiman warga dari arah hutan Gunung Bendera di sekitar Padalarang.

Kemudian sejumlah warga langsung memburunya babi ini hingga tertangkap.

"Kejadiannya kemarin sore dan ramai, sebelumnya sopir angkot melihat seperti ada (babi) yang bergerombol di lahan proyek perumahan baru yang lokasinya berada di ketinggian," kata Siti.

Ia mengatakan, babi hutan yang bergerombol di lahan proyek perumahan itu kemudian kabur setelah ada aktivitas pembangunan dan pada sore harinya langsung masuk ke permukiman warga.

"Jumlah keseluruhan ada 9 ekor, tapi yang masuk ke permukiman cuma ada 3 ekor. Babi itu merusak pagar, warung, dan pintu, sementara 6 ekor lainnya kabur," ucapnya.

 Babi hutan itu, kata dia, pertama muncul dari arah hulu di saluran air, kemudian warga yang kaget meneriaki babi hutan yang melintas hingga akhirnya diburu oleh sejumlah warga setempat.

"Dari 3 ekor yang masuk desa kami, 2 ekor di antaranya berhasil ditangkap. Sementara 1 ekor lagi lepas dan katanya masuk kawasan Pusdikav Padalarang," ujar Siti. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Tiga Babi yang Masuk Permukiman di Bandung Barat Diduga Kabur dari Hutan Setelah Dikejar Pemburu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat