androidvodic.com

Taman Kehati Aqua Klaten, Menjaga Keanekaragaman, Membangun Kebermanfaatan - News

News - Pohon rindang menjulang tinggi menyambut setiap pengunjung dari balik pintu berukuran 3 x 2,5 meter.

Setelah berjalan 100 meter masuk ke dalam, suara-suara burung dari alam akan terdengar saling bersahutan, menambah suasana semakin teduh.

Di sudut lainnya, kupu-kupu juga beterbangan, hinggap dari satu tanaman ke tanaman yang lain untuk menghisap nektar kesukaannya.

Sementara di bawah jembatan yang panjangnya sekira 25 meter, beberapa beberapa orang tengah asyik menceburkan dirinya ke sungai yang airnya mengalir sebening kaca.

Begitulah gambaran suasana yang akan didapati pengunjung ketika menginjakkan kakinya di Taman Keanekaragaman Hayati atau Taman Kehati Aqua Klaten.

Taman ini terletak di Desa Wangen - Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, tepatnya 1,5 km sebelah barat PT Tirta Investama (Danone AQUA Group) Klaten.

Di area seluas 4,6 hektar inilah, tumbuh ratusan jenis pohon yang jumlahnya mencapai ribuan.

"Taman kehati adalah kawasan perlindungan untuk flora dan fauna yang mempunyai fungsi konservasi in-situ dan ex-situ."

"In-situ itu usaha pelestarian alam yang dilakukan dalam habitat aslinya, sedangkan ex-situ dilakukan di luar habitat aslinya. Nah, yang kita lakukan disini ada yang ex-situ dan ada pula yang in-situ," tutur Nanda selaku Project Manager Taman Kehati AQUA Klaten saat ditemui Tribunnews, Senin (20/11/2023).

Taman Kehati Aqua Klaten ini menjadi wujud dari upaya perlindungan keanekaragaman hayati yang dilakukan oleh Pabrik Danone Aqua Klaten.

Taman ini berdiri di lahan milik PT Tirta Investama - Pabrik Aqua Klaten, dibangun sejak 2009 silam.

Taman Kehati Aqua Klaten 3
Taman Kehati terletak di Desa Wangen - Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, tepatnya 1,5 km sebelah barat PT Tirta Investama - Pabrik Aqua Klaten. Taman Kehati Aqua Klaten ini menjadi wujud dari upaya pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh Pabrik Danone Aqua Klaten.

Baca juga: Danone AQUA Terapkan Strategi Keberlanjutan di Pabrik Klaten Lewat PLTS Atap dan Taman KEHATI AQUA

Tak hanya melestarikan, Taman Kehati juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat yang ingin mempelajari berbagai jenis vegetasi

Per 2022 lalu, ada 132 jenis pohon yang di tanam di Taman Kehati Aqua Klaten. Adapun total pohonnya mencapai 1.423 pohon.

"Ini jumlah per tahun lalu. Setiap tahun akan kita hitung keragamannya. Jumlah pohon dan spesiesnya akan kita tambah terus dari tahun ke tahun," terang pria bernama lengkap Nanda Satya Nugraha itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat