androidvodic.com

Kalteng Dikempung Banjir, Pelajar Muara Lahei Barito Utara Naik Perahu ke Sekolah - News

Laporan  Wartawan Tribun Kalteng Muhammad Fathur Razaq

News, BARITO UTARA – Sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah mulai dikepung banjir.

Di Kabupaten Barito Utara curah hujan yang cukup tinggi membuat di kawasan Muara Lahei terdampak banjir, Jumat (1/12/2023).

Tak hanya rumah warga, fasilitas umum seperti jalan dan fasilitas pendidikan desa setempat pun terendam air. Membuat aktivitas menjadi terhambat.

Meski begitu, tak mematahkan guru dan peserta didik di Muara Lahei untuk tetap berangkat ke sekolah.

Dengan menggunakan perahu mereka perlahan menyusuri banjir menggenangi jalan, yang biasa mereka lalui.

Baca juga: Perahu Ketinting yang Ditumpangi 5 Orang terbalik di Perairan Tias Kaltara, Menewaskan 3 Orang

Tampak sebuah rekaman video yang memperlihatkan guru di SD Negeri 2 Lahei, bernama Wila Sumarni terpaksa menggunakan perahu untuk pergi ke sekolah.

Sebab jalan yang biasanya dilalui menggunakan sepeda motor terendam air dengan debit yang cukup tinggi hingga ke bahu jalan.

Wila Sumarni mengatakan, bahwa sebenarnya di daerah Muara Lahei, hujan tidak begitu deras mengguyur.

Namun Wila menduga, bahwa banjir ini disebabkan oleh kiriman air sungai barito yang ada di daerah Hulu Muara Lahei.

Wila Sumarni berharap, banjir langganan ini segera usai agar akses ke sekolah mudah, para siswa sangat terhambat dalam kegiatan belajar mengajar, apalagi menjelang akan segera menghadapi ujian semester.

 “Apalagi Senin ini sekolah ada yang mau ulangan semester seperti MIN 2 Barito Utara,” ucapnya saat dikonfirmasi Tribunkalteng.com, Jumat (1/12/2023).

Wila Sumarni mengatakan, bahwa selain terdampak banjir, para siswa yang menggunakan perahu juga harus mengeluarkan uang sebesar Rp 2.000 untuk bisa menyeberangi banjir.

Hal itu ungkapnya, tak sebanding dengan resiko keamanan dalam menggunakan perahu yang selalu mengintai para siswa dan guru.

“Tadi pagi ada perahu yang sempat terbalik gara - gara ada anak - anak mandi, perahu jadi oleng dan terbalik,” tukas wali kelas VI 6 SDN 2 Lahei.

Artikel ini telah tayang di Tribunkalteng.com dengan judul Banjir di Kalteng, Guru dan Murid di Muara Lahei Barito Utara Terpaksa Naik Perahu ke Sekolah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat