androidvodic.com

Kapal Wisata Indo Siren Terbakar di Perairan Raja Ampat, 15 Turis Asing Dievakuasi Warga - News

News, WAISAI - Kapal wisata Live On Board (LoB) Indo Siren terbakar di kawasan destinasi wisata Piaynemo, Raja Ampat, Kamis (30/11/2023) sekira pukul 08.30 WIT.

Tak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

Sebanyak 15 turis asing yang berada di kapal tersebut dievakuasi dalam keadaan selamat oleh masyarakat setempat.

Mereka untuk sementara dievakuasi ke Gloria Homestay.

Baca juga: Viral Video Ibu Selamatkan Bayinya Loncat ke Laut Saat Kapal Terbakar di NTT, 2 Penumpang Tewas

Gloria Homestay berada dekat dengan lokasi kebakaran kapal LoB Indosiren.

"Turis asing berjumlah 15 orang, mereka sementara dievakuasi di Homestay Gloria, semua dalam keadaan selamat," ujar seorang pengurus Asosiasi Homestay Raja Ampat yang enggan menyebutkan namanya kepada TribunSorong.com.

Belum diketahui kronologis terbakarnya kapal tersebut.

Sampai berita ini ditayangkan, TribunSorong.com belum menerima pernyataan resmi dari pihak terkait mengenai kronologis kejadian.

KRI Kapak-625 Bantu Padamkan Kebakaran

Sementara itu KRI Kapak-625 mendapatkan informasi dari Asops Danguskamla Koarmada III telah terjadi insiden kebakaran di Kapal Layar Motor (KLM) Indo Siren, Kamis (30/11/2023) sekitar pukul 09.43 WIT.

Diketahui kapal itu berada di selatan Pulau Pyainemo, Kabupaten Raja Empat atau sekitar 25 nautical mile (Nm) dari posisi KRI Kapak-625.

Pascamendapat kabar kebakaran itu, KRI Kapak-625 menambah kecepatan sampai dengan 20 knots untuk mendekati KLM Indo Siren.

Baca juga: 15 Kapal Terbakar di Galangan PT TSU, Ketua HKSN Tegal Sebut Kerugian Capai Rp 45 Miliar

KRI Kapak-625 melaksanakan koordinasi via radio dengan KLM Velocean yang berjarak 1.000 yard dengan KLM Indo Siren yang mengalami kebakaran.

Kemudian, didapatkan informasi posisi KLM Indo Siren, serta penumpang dan ABK KLM Indo Siren selamat dan dievakuasi oleh kapal nelayan dengan aman ke daratan tepatnya di Gloria Homestay.

Setiba di lokasi kejadian sekitar pukul 11.00 WIT, KRI Kapak-625 melaksanakan observasi dan didapati KLM Indo Siren sebagian besar badan kapalnya telah terbakar.

Posisi KLM Indo Siren sudah berada di kedangkalan, mendekati bibir pantai.

Foto selebaran yang diambil pada 1 Mei 2023 dan dirilis oleh Badan Penegakan Maritim Malaysia pada 2 Mei 2023 menunjukkan kapal tanker MT pablo setelah kapal terbakar di lepas pantai selatan Malaysia selama perjalanannya dari China ke Singapura. - Penyelamat Malaysia sedang mencari tiga anggota awak yang hilang dari sebuah kapal tanker minyak yang terbakar di lepas pantai selatan negara itu. Asap hitam tebal menyelimuti kapal berbendera Gabon itu ketika kebakaran terjadi pada 1 Mei 2023, kata Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) dalam sebuah pernyataan. (Photo by Handout / MALAYSIAN MARITIME ENFORCEMENT AGENCY / AFP)
Foto selebaran yang diambil pada 1 Mei 2023 dan dirilis oleh Badan Penegakan Maritim Malaysia pada 2 Mei 2023 menunjukkan kapal tanker MT pablo setelah kapal terbakar di lepas pantai selatan Malaysia selama perjalanannya dari China ke Singapura. - Penyelamat Malaysia sedang mencari tiga anggota awak yang hilang dari sebuah kapal tanker minyak yang terbakar di lepas pantai selatan negara itu. Asap hitam tebal menyelimuti kapal berbendera Gabon itu ketika kebakaran terjadi pada 1 Mei 2023, kata Badan Penegakan Maritim Malaysia (MMEA) dalam sebuah pernyataan. (Photo by Handout / MALAYSIAN MARITIME ENFORCEMENT AGENCY / AFP) (AFP/HANDOUT)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat