androidvodic.com

Empat RSUD Dibangun di Kabupaten Tangerang Saat Kepemimpinan Ahmed Zaki, Ini Rinciannya - News

Laporan Wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Sebanyak empat Rumah Sakit Umum Daerah dibangun di Tangerang pada masa kepemimpinan Bupati Ahmed Zaki Iskandar pada 2013-2023.

Empat RSUD tersebut, adalah RSUD Kabupaten Tangerang,RSUD Pakuhaji, RSUD Tigaraksa, RSUD Balaraja.

Zaki mengungkapkan bahwa setiap RSUD memiliki spesialisasi tersendiri. Pertama adalah RSUD Kabupaten Tangerang yang merupakan RS tipe B memiliki kemampuan dalam bedah jantung dan donor darah.

"RSUD Kabupaten Tangerang menyediakan layanan bedah jantung terbuka. Disana ada ruang operasi, alat serta sumber daya dokter spesialis sub jantung terbuka," tutur Zaki melalui keterangan tertulis, Rabu (13/12/2023).

Selain itu ada RSUD Balaraja. RS ini adalah spesialis organ dalam, seperti mata, paru-paru, urologi, neurologi hingga orthopedi.

"RSUD Balaraja ini spesialis penyakit-penyakit dalam, karena kan dekat dengan industri yang memiliki risiko tinggi kayak patah tulang," jelas Zaki.

Kemudian ada RSUD Pakuhaji yang khusus dalam penyakit berdasarkan virus dan teling, hidung dan tenggorokan (THT).

Alasannya adalah karena di Pakuhaji memiliki pengalaman kejadian luar biasa, seperti muntaber serta kolera.

"Yang terakhir ada RSUD Tigaraksa yang kedepannya menjadi pusat darah dan pusat penyakit dalam. Jadi semua RSUD di Kabupaten Tangerang ini saling melengkapi," ungkap Zaki.

Secara total, Kabupaten Tangerang telah memiliki empat RSUD dan 44 puskesmas dengan fasilitas pelayanan kesehatan dasar yang lengkap.

Selain itu, sebanyak 33 puskesmas sudah dapat memberikan pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) yaitu layanan persalinan ibu hamil secara sehat.

Sebanyak 12 puskesmas tercatat telah terakreditasi, 10 puskesmas sudah menjadi badan layanan umum daerah (BLUD), dan tujuh puskesmas sudah dapat memberikan layanan rawat umum dasar.

Ketujuh puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Balaraja, Puskesmas Keronjo, Puskesmas Sepatan, Puskesmas Mauk, Puskesmas Curug, Puskesmas Kresek, dan Puskesmas Cisoka.

Seperti diketahui, Zaki fokus dalam mengintegrasikan fasilitas kesehatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat tidak perlu diragukan lagi.

"Sekarang ini Jakarta memiliki 60 RSUD, tipe B sampai D, kita ingin semua naik kelas. RSUD dari tipe D jadi C, C jadi B dan B jadi A. Semua pelayanan juga akan kita selaraskan dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, kita juga akan fokus pada Kepulauan Seribu yang masih sangat sulit mendapat akses layanan kesehatan," pungkasnya.

Baca juga: Disebut-sebut Bakal Jadi Cagub DKI, Ahmed Zaki Iskandar: Saya Siap

Kabupaten Tangerang pun diketahui merupakan satu-satunya RSUD tingkat kabupaten/kota di Banten yang memiliki klinik endoskopi, yakni di RSUD Balaraja. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat