androidvodic.com

Pesawat Kargo Trigana Air Gagal Terbang ke Wamena akibat Pecah Ban, 3 Penerbangan Ikut Terdampak - News

News, JAYAPURA - Pesawat kargo milik maskapai Trigana Air dengan kode penerbangan IL7315 gagal terbang ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan, Senin (18/12/2023).

Pesawat gagal terbang lantaran mengalami pecah ban di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sekitar pukul 11.54 WIT.

"Penyebab pesawat gagal terbang karena pesawat mengalami pecah ban," ujar Humas Angkasa Pura I Bandara Sentani, Surya Eka, saat dikonfirmasi, Senin (18/12/2023).

Akibat insiden itu pesawat Trigana Air terpaksa harus ditarik masuk ke area parkir.

Baca juga: KKB Tembaki Pesawat Trigana Air Saat Take Off dari Bandara di Yahukimo Papua, Peluru Masuk Kabin

Surya Eka mengatakan, akibat kejadian tersebut ada tiga penerbangan yang terdampak dan rute penerbangannya harus dialihkan.

"Untuk penerbangan terdampak ada tiga penerbangan yakni, GM084 divert ke Biak, kemudian IL292 divert ke Wamena dan IL274 divert ke Biak," jelasnya.

Setelah insiden tersebut, pesawat Trigana Air yang saat kejadian sudah berada di landasan, langsung kembali ke apron Bandara Sentani untuk perbaikan.

"Saat ini pesawat sudah kembali parkir dan sedang perbaikan," ujarnya.

Saat ini sudah dilakukan pembersihan landasan pacu dan sudah kembali digunakan.

"Setelah dilakukan pembersihan sisa ban di runway, maka pada pukul 13.40 WIT runway Bandara Sentani sudah dinyatakan normal operasi," tandas dia.

Sempat Hentikan Penerbangan ke Oksibil

September lalu, manajemen Trigana Air menghentikan penerbangan ke Oksibil, ibu kota Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Penghentian layanan penerbangan Trigana Air ke Oksibil dilakukan sejak Selasa (19/9/2023) setelah terjadi gangguan keamanan akibat ulah KKB di daerah itu.

Trigana Air akan membuka kembali layanan penerbangan jika situasi di Oksibil dipastikan aman.

Baca juga: Buntut Serangan KKB di Oksibil: Warga Mengungsi, Trigana Hentikan Penerbangan & Pangdam Turun Tangan

Deputy Area Manager Papua Trigana Air Ahmad Irwan Rochendi mengatakan, pihaknya masih menunggu status safety clearance untuk membuka kembali penerbangan Jayapura-Oksibil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat