androidvodic.com

Minim Akses Kesehatan dan Ditolak Bidan, Ibu di Jember Melahirkan di Pinggir Jalan, Videonya Viral - News

News, JEMBER - Heboh video ibu melahirkan di pinggir Jalan daerah Desa Kaliglaga Kecamatan Sumberbaru Jember, Jawa Timur, Rabu (20/12/2023).

Video berdurasi 14 detik tersebut memperlihatkan, ibu bersama bayi mungilnya berada di pinggir jalan sekira pukul 03.30 waktu setempat.

Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) Jember, Kamiluddin membenarkan peristiwa tersebut.

Kata dia, kejadian tersebut akibat minimnya akses layanan kesehatan di Bumi Pandalungan.

"Tadi kami dikabari anggota kami, dari Desa Kaliglagah dan Desa Jambesari (Kecamatan Sumberbaru), adanya warga yang melahirkan di pinggir jalan," ujarnya melalui voice note di pesen singkat Whatsapp.

Baca juga: Motif Kakak Adik di Kebayoran Lama Bunuh Pasutri, Korban yang Sedang Hamil Ditikam di Ruko

Berdasarkan laporan dari Kepala Desa Kaliglagah dan Kades Jambesari. Katanya, ibu tersebut sempat minta tolong kepada bidan setempat, tetapi tidak digubris.

"Ternyata bidan setempat tidak ada yang berani menolong. Karena khawatir disalahkan oleh Puskesmas setempat," ungkap Kamil, yang juga Kapala Desa Sidomulyo Kecamatan Silo Jember.

Dia menilai hal ini akan sangat berbahaya bagi para Ibu hamil yang mau melahirkan.

Sebab itu adalah masalah kemanusiaan yang harus didahulukan pelayanannya.

"Kalau ada bidan desa yang akhirnya disalahkan oleh Puskesmas, ini kan bahaya. Artinya menajemen kesehatan di Kabupaten Jember ini sangat lemah," urai pria yang akrab disapa Mas Kades ini.

Baca juga: Siswi SMAN Melahirkan Saat Ujian Sekolah tetap Bisa Bersekolah dan Mendapatkan Pendampingan Psikis

Kondisi seperti ini perlu dievaluasi segera. Karena menurutnya, layanan kesehatan yang menyangkut nyawa seseorang harus didahulukan.

"Untuk masalah administrasi, itu nomer sekian," tutur Mas Kades Kamil.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kabupaten Jember dr Hendro Soelistijono mengaku masih melakukan investigasi soal, peristiwa tersebut.

"Sedang proses investigasi dari Dinkes," katanya melalui pesan singkat Whatsapp.

Sebatas informasi, keberadaan Desa Kaliglagah dan Jambesari Kecamatan Sumberbaru Jember tergolong pegunungan, dan mayoritas akses jalan di daerah ini cukup terjal.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Nasib Ibu di Jember Melahirkan di Pinggir Jalan, Tak Digubris oleh Bidan, Minim Akses Kesehatan, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat