androidvodic.com

Mulai 31 Desember Pendakian ke Gunung Gede Pangrango Ditutup, Pendaki Diminta Ubah Jadwal Pendakian - News

Laporan Kontributor Tribunjabar Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi.

News, CIANJUR - Selama tiga bulan terhitung mulai 31 Desember 2023, seluruh jalur pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup.

Penutupan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango dilakukan lantaran cuaca ekstrem.

Selain itu penutupan jalur pendakian juga karena adanya pemulihan ekosistem di taman nasional.

"Penutupan jalur pendakian tersebut mulai berlaku pada Minggu (31/12/2023) hingga Minggu (31/3/2024)," kata Kepala Balai Besar TNGGP Sapto Aji Prabowo saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (20/12/2023).

Baca juga: Alun-alun Suryakencana Gunung Gede Pangrango Kebakaran, Pelaku Diduga Orang Linglung

Jalur pendakian yang dilakukan penutupan tersebut di antaranya j pendakian via Cibodas, Gunung Putri, dan Selabintana.

"Terkait penutupan jalur pendakian ini tidak hanya diberitahukan kepada pendaki, namun terhadap masyarakat, dan pengelola wisata di sekitar taman nasional," ucapnya.

Sapto mengatakan, bagi para pendaki yang sudah melakukan boking online pada 29 - 20 Desember agar dapat bisa melakukan pembayaran paling telat Kamis (28/12/2023).

"Untuk para pendaki yang sudah mem-booking pada masa penutupan, diharapkan untuk mengubah kembali jadwal pendakian," katanya.

Dia menambahkan, untuk informasi lebih lengkapnya calon pendaki dapat langsung mengahubungi call center Balai Besar TNGGP.

"Pemberitahuan penutupan jalur pendakian tersebut juga sudah diberitahukan melalui surat edaran dan media sosial," ucapnya.

Baca juga: Ada 75 Pendaki Terjebak saat Gunung Marapi Erupsi, BNPB: Petugas Pos Pendakian Perlu Dievaluasi

Agustus Sempat Ditutup 6 Hari

Sebelumnya jalur pendakian Gunung Gede Pangrango juga pernah ditutup selama enam hari pada Agustus lalu, mulai Minggu (13/8/2023) hingga Jumat (18/8/2023).

Kepala TNGGP Sapto Aji Prabowong mengatakan, penutupan jalur pendakian diberlakukan sebagai antisipasi terjadinya cuaca buruk di wilayah Gunung Gede Pangrango.

"Penutupan yang berlaku selama enam hari tersebut karena mencermati adanya cuaca buruk di wilayah Gunung Gede Pangrango," katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon, dikutip TribunJabar, Senin (7/8/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat