androidvodic.com

Macan Tutul Jawa Terperangkap Jebakan Babi di Sukabumi, Kini Direhabilitasi - News

News - Macan Tutul Jawa atau panthera pardus melas terperangkap jebakan babi milik petani di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (27/12/2023).

Macan tutul berukuran besar tersebut pun kini telah diamankan pihak berwenang.

Kapolsek Kalibunder, Iptu Taufik Hadian, mengatakan, awalnya warga sengaja menyimpan jebakan babi karena babi hutan kerap merusak lahan perkebunan warga di sana.

Namun, justru macan tutul jawa yang terperangkap di sana.

"Sehingga warga melaporkan ke pihak kepolisian dan berkoordinasi dengan forkompimcam, BKSDA," kata Taufik via telepon, Rabu.

Taufik menjelaskan, tutul tersebut sudah dievakuasi dan dilakukan rehabilitasi oleh pihak terkait.

Macan tutul berpanjang sekitar satu meter itu dipastikan dalam keadaan sehat oleh tim dokter spesialis yang datang ke lokasi.

"Upaya dari kepolisian sudah, saat ini macan sudah diamankan dan akan dibawa ke tempat rehabilitasi," kata Taufik.

"Tadi BKSDA juga koordinasi sama Pusat Penyelamat Satwa Cikanangan (PPSC) Nyalindung. Di situ ada tim dokternya. Setelah itu kita ke TKP bersama-sama dengan tim BKSD dan PPSC tersebut dan dilakukan pembiusan. Setelah dibius diperiksa tim dokter. Ternyata alhamdulillah satwa liar jenis macan tutul jawa tersebut dalam kondisi sehat," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Macan Tutul Jawa Terperangkap Jebakan Babi di Sukabumi, Kapolsek Kalibunder Ungkap Kondisinya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat