androidvodic.com

PROFIL Kapolda Papua Irjen Mathius yang Diserang Massa, Rumah Dinasnya Sempat Terbakar Januari Lalu - News

News, JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri sempat diserang massa saat pecahnya kericuhan iring-iringan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Kamis (28/12/2023).

Kerusuhan terjadi di Jayapura di tengah iring-iringan jenazah Lukas Enembe.

Insiden ini bermula dari aksi warga yang secara sepihak mengawal dan membawa jenazah Lukas Enembe dari Bandara Sentani ke tempat persemayaman di STAKIN.

Januari lalu, rumah dinas Irjen Mathius juga sempat terbakar hebat dan menghanguskan hampir seluruh bangunan.

Ketika itu, ada info yang menyebut kebakaran di rumah Irjen Mathius D Fakhiri itu disebabkan korsleting listrik, namun kabar lain menduga ada yang sengaja membakar.

Tokoh asal Papua sekaligus mantan komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai menyebut jika rumah dinas Kapolda Papua bukan terbakar, tapi sengaja dibakar orang.

Sementara Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan, kebakaran ini dipicu hubugan arus pendek listrik atau korsleting.

"Diduga karena korsleting," ujarnya.

Polisi dari Tim Inafis Polda Papua tetap melakukan olah Tempat Kejadian Perkara atau TKP untuk mengumpulkan bukti-bukti.

Berikut profil jenderal bintang dua lulusan Akpol 1990 yang berpengalaman dalam bidang brimob ini.

Mathius D Fakhiri dilantik sebagai Kapolda Papua pada 4 Maret 2021.

Upacara serah terima jabatan itu berdasarkan Surat Telegram Rahasia (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021.

Irjen Mathius D Fakhiri lahir di Manokwari, Papua Barat pada tanggal 6 Januari 1968.

Setelah banyak malang melintang di Korps Brimob, tahun 2009, Mathius Fakhiri dipercaya menjadi Kapolres Jayapura pada tahun 2009.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat