androidvodic.com

Video Situasi di Depan Mal Sentani Borobudur Pasca Ricuh Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe - News

News, JAYAPURA - Iring-iringan jenazah mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe yang akan dimakamkan di Jayapura, Papua hari ini, Kamis (28/12/2023) ricuh.

Dari video yang tersebar, sejumlah orang terlihat berlarian dan berteriak di sebuah jalan 

Dari video yang lain, terlihat pula sebuah mobil yang hangus terbakar saat kericuhan itu terjadi.

Dalam kericuhan, Penjabat (Pj) Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun menjadi korban luka akibat kericuhan tersebut. 

Dari foto yang beredar, Ridwan yang menggunakan baju kemeja berwarna putih itu terlihat sudah banyak darah di sekitar wajahnya saat sedang berada di dalam mobil.

Terkait itu, Polda Papua membenarkan adanya kejadian kericuhan tersebut karena adanya provokator saat arak-arakan jenazah dilakukan.

"Iya benar ada yang memprovokasi sehingga anarkis," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dihubungi, Kamis.

Meski begitu, Benny tak merinci lebih lanjut soal peristiwa kericuhan tersebut hingga saat ini.

Adapun jenazah Lukas Enembe akan disemayamkan di Kantor Gubernur Papua, Kamis (28/12/2023).

Upacara persemayamannya di Kantor Gubernur nanti akan dipimpin langsung oleh Pejabat (Pj) Gubernur Papua, M Ridwan Rumasukun.

"Pasti Pejabat Gubernur yang pimpin. Karena tadi kan beliau juga sudah umumkan bahwa acara protokoler, Pemdanya yang ambil alih," kata Petrus Bala Pattyona, penasihat hukum Lukas Enembe saat ditemui awak media di Rumah Duka RSPAD Gatot Subroto, Rabu (27/12/2023).

Namun sebelum itu, jenazah Lukas Enembe terlebih dulu akan disemayamkan di Sekolah Tinggi Teologi yang berada di Sentani, Jayapura.

Setelah dari Sekolah Tinggi Teologi dan Kantor Gubernur, jasadnya akan disemayamkan di kediamannya, di Koya.

"Yang pasti, permintaan dari keluarga di Sentani supaya bapak disemayamkan di Sekolah Tinggi Teologi Sentani. Dimakamkannya diputuskan di Koya, di kediaman beliau," kata Petrus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat