androidvodic.com

Dishub Akui Terlambat Tangani Kemacetan Parah di Bali, Menhub Siapkan Pembangunan LRT - News

News – Terkait kemacetan parah yang terjadi di Tol Bali Mandara pada Jumat (29/12/2023) lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali mengaku sedikit terlambat dalam menangani secara intensif.

Sehingga jumlah kendaraan yang masuk ke bandara penuh.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, IGW Samsi Gunarta pada Sabtu (30/12/2023).

“Saya sudah coba perhitungkan tetapi saya lihat sebetulnya pada saat tanggal 23 Desember kondisinya lebih tinggi dibandingkan saat kemarin ternyata tidak terlalu macet, jadi tadi malam rupanya pergerakan dalam Bali lumayan terjadi sehingga kondisi kita sebetulnya ini lebih awal dari yang kita prediksikan,” ujar Samsi, dikutip dari Tribun-Bali.com.

Menurut Samsi kemacetan ini masih dapat ditangani dengan pengaturan lalu lintas.

Namun mungkin indikator pemantauan kemacetannya yang akan diperbaiki.

Baca juga: Viral Kemacetan Parah di Tol Bali Mandara saat Akhir Tahun, Disebut di Luar Prediksi

Rencananya, pengaturan lalu lintas ini akan dilakukan kurang lebih sampai 3 Januari 2024.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kemacetan yakni dengan mengurangi bepergian.

“Jadi ya tidak usah bepergian dulu, aktivitasnya lebih banyak di hotel atau sekitarnya dan kalau bisa memang artinya kembali ke hotel lebih pagi atau yang mau ke Bandara lebih dini berangkatnya sehingga waktunya lebih memadai kita akan coba lakukan kontrol terhadap waktu untuk arah Bandara,” paparnya. 

Menhub Siapkan LRT

Tangkapan layar kemacetan terjadi di  Tol Bali Mandara yang menyebabkan banyak wisatawan asing terpaksa harus berjalan kaki menuju Bandara Ngurah Rai, Bali.
Tangkapan layar kemacetan terjadi di Tol Bali Mandara yang menyebabkan banyak wisatawan asing terpaksa harus berjalan kaki menuju Bandara Ngurah Rai, Bali. (Instagram)

Terkait kemacetan tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dengan PJ Gubernur Bali, Kapolda Bali, dan Direksi Angkasa Pura I mengadakan pertemuan.

Dalam pertemuan yang berlangsung kurang lebih selama dua jam itu membahas solusi untuk mengatasi macet di Bali.

Menhub mengatakan solusi jangka panjang mengatasi kemacetan di Bali yakni dengan serius mempersiapkan Light Rail Transit (LRT).

"Dari jangka panjang memang satu keharusan bahwa Bali ini harus memiliki angkutan massal perkotaan (LRT), tidak bisa lagi hanya menggunakan angkutan pribadi. Dan insyallah tahun depan sudah mulai mengadakan groundbreaking," ujar Menhub Budi, dikutip dari Tribun-Bali.com.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat