androidvodic.com

Eceng Gondok di Sungai Gendol Ponorogo Dibersihkan, BPBD: Bisa Menimbulkan Banjir - News

News - Eceng gondok di Sungai Gendol, Desa Jabung, Ponorogo, Jawa Timur dibersihkan pakai alat berat.

Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo sendiri yang turun dengan menerjunkan alat berat.

Pembersihan tersebut dilakukan lantaran eceng gondok bisa menyebabkan tersumbatnya aliran sungai hingga menyebabkan banjir di dua desa.

“Awalnya memang kami menunggu BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Bengawan Solo. Karena memang pada wilayah mereka (BBWS Bengawan Solo),” ujar Kabid Kedarutan dan Logistik, BPBD Ponorogo, Agung Prasetyo, Minggu (6/1/2023).

Hingga, kata dia, diputuskan oleh BPBD Ponorogo membersihkan sendiri. Dimana dengan menyewa alat berat atau excavator untuk membersihkan eceng gondok.

Baca juga: Manfaat 3 in 1 Eceng Gondok, Warga Mandiri Waduk Cengklik Jadi Lestari

“Kami sewa saja untuk pembersihan eceng gondok. Bekerja kemarin sore sekitar pukul 15.00 wib. Ini sudah selesai,” kata Agung.

Menurutnya, eceng gondok yang memenuhi Sungai Gendol, Desa Jabung, Kecamatan Mlarak harus dibersihkan secara cepat.

Jika tidak, dia menyerbukan mengancam banjir di dua desa. Adalah Desa Tegalsari Kecamatan Jetis dan Desa Jabung Kecamatan Mlarak.

“Apalagi kemarin prediksinya kan hujan mulai pukul 13.00 wib sampai pukul 16.00 wib. Daripada terjadi banjir mencegah lebih baik,” terangnya.

Agung mengklaim eceng gondok yang mengalir di Sungai Gendol sudah bersih. Warga tidak perlu khawatir dengan ancaman banjir.

“Sudah bersih tidak ada eceng gondok. Insyallah ancaman luapan air sungai sedikit berkurang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Viral, eceng gondok hanyut terbawa sungai di Ponorogo. Akibatnya tanaman eceng gondok menutup aliran sungai gendol akibat tersangkut jembatan.

Video tersebut viral di berbagai media sosial. Baik itu itu di Instagram maupun di Facebook dan WhatsApp warga bumi reog.

Akibat eceng gondok itu ratusan rumah warga di dua desa terancam terendam banjir. Karena luapan sungai itu.

Kejadian eceng gondok hanya itu terjadi di Sungai Gendol, Desa Jabung, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Hanyutnya eceng gondok itu terjadi hingga Jumat (5/1/2024).

Pantauan di lokasi, ribuan tanaman eceng gondok memadati hingga menutup sungai yang memiliki lebar hingga tujuh meter. Kedalaman ecek gondok mencapai kedalaman 3 meter.

Panjang ecek gondok ini kurang lebih 50 meter hingga 60 meter. Di Kecamatan Mlarak Memamg terjadi hujan, Kamis (4/1/2024) lalu. Hingga menyebabkan eceng gondok yang berada di Sungai hulu.

Pun jika pembersihan dilakukan secara manual tidak mungkin bisa karena banyaknya material eceng gondok. Termasuk sampah dan rumpun bambu juga ikut menutup aliran sungai.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Eceng Gondok Hambat Aliran Sungai, BPBD Ponorogo Kerahkan Alat Berat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat