androidvodic.com

KNKT Lakukan Investigasi untuk Cari penyebab Tabrakan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya - News

News - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) lakukan investigasi untuk cari tahu penyebab tabrakan Kereta Api (KA) Turangga dengan KA Commuter Line Bandung Raya.

Sejumlah saksi akan dimintai keterangan, seperti petugas di Stasiun Cicalengka dan Stasiun Hurpugur Rancaekek.

Selain itu, data black box juga akan dibuka untuk ungkap fakta kecelakaan yang terjadi di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini.

Menurut Ketua KNKT Dr Ir Soerjanto Tjahjono, sejak kemarin pihaknya mewawancarai karena sebelumnya di hari kejadian, fokus kepada penanganan korban.

"Kami interview dengan petugasnya dan mengambil semua data yang ada di Stasiun Cicalengka dan Stasiun Haurpugur," kata Soerjanto, di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Sabtu (6/7/2023).

Menurut Soerjanto, petugas di stasiun yang mengatur jadwal pemberangkatan kereta api juga akan dijadwalkan untuk diwawancarai.

Baca juga: Penyebab kecelakaan kereta api di Cicalengka Bandung, isu keselamatan dan proyek jalur ganda jadi sorotan

"Apa yang mereka rasakan dan alami, nanti kita akan cocokkan dengan data loger yang kita baca di Stasiun Haurpugur dan di Cicalengka maka kita akan periksa di kedua keterangan itu," kata Soerjanto.

Terus, kata Soerjanto, nanti pihaknya akan mencari kira-kira apa penyebabnya.

"Kok bisa seperti ini, yang pasti kan terjadi kecelakaan, itu faktualnya. Nah, kita sedang mencari kenapanya," ujar dia.

Para petugas di Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka diwawancara sebab kejadian tabrakan tersebut berada di antara kedua stasiun tersebut.

"Sampai hari Senin (pengumpulan data wawancara)," katanya.

Selain itu KNKT juga akan memeriksa black box dari stasiun dan lokomotif yang terlibat tabrakan.

"Nah data black box di setiap stasiun, itu mungkin agak berbeda, nanti kami akan menanyakan kepada pihak LAN atau pihak KAI untuk mengajari signal ini, kodenya apa dan gimana. Setelah kami tau, kami mempelajari, kami butuh waktu kurang lebih satu atau dua minggu," ujar dia.

Kemudian kata Soerjanto, pihaknya berusaha untuk mengambil data black box dari lokomotifnya.

"Nah, lokomotifnya kan memang dalam kondisi rusak, apakah memang gampang diambil atau harus diambil terus kita pasang di unit yang bagus yang bisa baca data dari lokomotif," kata dia.

Soerjanto mengatakan, kalau itu lancar, analisisnya bisa dipercepat.

"Nah, kadang kalau udah rusak, kita butuh melakukan perbaikan dulu sehingga bisa memakan waktu sampai satu bulan, baru kebaca, baru kita bisa menganalisis datanya," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Selidiki Penyebab Tabrakan Kereta, KNKT akan Wawancarai Petugas di Stasiun dan Buka Data Black Box

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat