androidvodic.com

Truk yang Angkut 226 Ekor Anjing Diamankan Gerbang Tol Kalikangkung Semarang - News

Laporan Wartawan Tribun Jateng Rahdyan Trijoko Pamungkas

News, SEMARANG - Aparat Polsek Ngaliyan mengamankan truk yang mengangkut ratusan ekor anjing di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada Sabtu (6/1/2024) malam pukul 22.30 WIB.

Kondisi anjing-anjing itu memprihatinkan karena mulut diikat.

Ada dua orang yang ditangkap yakni Sulasno dan Ariyoto warga Gemolong Sragen.

Polsek Ngaliyan mendapat laporan dari warga bahwa ada aktivis pelindung hewan menghentikan 1 unit truk bermuatan anjing yang diduga tanpa dilengkapi surat-surat  di GTO Kalikangkung Ngaliyan Semarang.

"Mengetahui hal itu petugas piket fungsi mendatangi lokasi dan mendapati 226 ekor anjing," kata Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar melalui keterangan tertulis yang diterima tribunjateng.com, Minggu (7/1/2024).

Kemudian piket fungsi berkoordinasi dengan PJR Polrestabes Semarang selanjutnya pelapor dan terlapor beserta truk dibawa ke Polrestabes Semarang dan dikawal anggota PJR Polrestabes Semarang," jelasnya.

Baca juga: Pria Pekerja Shelter Anjing dan Kucing Diamankan terkait Kasus Penemuan 2 Jasad Perempuan di Blitar

Ia menuturkan dua pelaku pengangkut anjing dijerat pasal 89 Jo pasal 66 huruf a ayat 1 UU no. 41 tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan sebagaimana atas perubahan UU no. 18 tahun 2009 Jo pasal 302 kuhp.

"Barang bukti yang diamankan 1 unit  truk Mitsubishi  Diesel Nopol AD 1358 YE berisi 226 ekor hewan anjing," tandasnya.

Ada yang Sempat Lolos 

Sebelumnya sempat viral, sebuah video yang menunjukkan puluhan anjing dibawa di sebuah truk viral di media sosial.

Melalui keterangan dari beberapa video yang diunggah di akun Instagram @animals_hopesheletrindonesia, Minggu (24/10/2023) memperlihatkan puluhan anjing itu melintas menuju tol Cikopo.

Diduga, puluhan anjing itu akan dibawa ke rumah jagal untuk perayaan hari Natal dan Tahun Baru (Nataru) di sekitar Semarang, Solo dan beberapa daerah di Jawa Tengah lainnya. 

“Kamis sudah di Sragen dan kehilangan jejak truk b**dab pengangkut ratusan anabul yang akan dijagal di Jawa Tengah,” tulis keterangan di salah satu video tersebut.

Berdasarkan pantauan dari Tribunnews, akun tersebut mengunggah beberapa video penelusuran seseorang yang mencoba membuntuti truk tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat