androidvodic.com

Begini Kronologi Tewasnya Anggota Brimob Usai Menyelam di Bekas Disposal Tol Cisumdawu Sumedang - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar Kiki Andriana

News, SUMEDANG -  Anggota SAR Satuan Brimob Polda Jabar, Aipda Hadianto tenggelam di bendungan bekas disposal Tol Cisumdawu, di Kampung Cihamerang RT3 RW 11, Desa Sukasirnarasa, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (9/1/2024).  

Kepala Seksi Humas Polres Sumedang, Iptu Awang Munggardijaya mengatakan, awalnya ada laporan kalau di bekas disposal Tol Cisumdawu jebol yang mengakibatkan debit air di bendungan surut.

"Jebolnya saluran lama membuat tebing-tebing di sekitar disposal terkikis, mengancam perumahan warga di atasanya, warga mengungsi," kata Awang di RSUD Sumedang, Selasa petang.  

Sekitar pukul 14.00 WIB, Tim SAR Brimob Polda Jabar melakukan penyelaman, dimana Aipda Hadianto yang menyelam dengan peralatan lengkap,"

"1 jam penyelaman dilakukan, tali yang terikat pada tubuh Aipda Hadianto seperti ditarik. Maka tim yang di atas menarik tali itu, namun saat di atas, Aipda Hadianto sudah tak sadarkan diri," kata Awang. 

Baca juga: Inilah Sosok Clara Wirianda, Selebgram Medan yang Viral di Medsos, Namanya Dicari Warganet

Sesampainya di permukaan, Aipda Hadianto langsung diberi pertolongan lalu ditolong Tim SAR di atas perahu, termasuk ada anggota Koramil Rancakalong, dan dari Polsek Rancakalong.

"Dalam perjalanan ke RSUD, kami dapat informasi sudah tak bernyawa tapi sempat dilakukan tindakan medis. Sudah dipacu jantung," katanya.  

Awang mengatakan, kemungkinan besar korban tersedot ke dalam gorong-goromg di bendung itu sebab tim yang menungguinya merasakan ada tarikan dari bawah. 

"Kemungkinan besar tersedot ke gorong-gorong," katanya. 

Jenazah Aipda Hadianto dievakuasi dengan menggunakan mobil ambulans RS Sartika Asih, lalu kemudian disemayamkan menuju rumah duka di Desa Haurgombong, Pamulihan, Sumedang.

"Rencana besok dimakamkan di Cimahi, tempat orangtuanya," kata Awang.

Jenazah Masih di RSUD Sumedang

Jenazah anggota Brimob Polda Jawa Barat yang menjadi korban tenggelam di bendung disposal Cihamerang, Desa Sukasirnarasa, Kecamatan Rancakalong, Sumedang, Selasa (9/1/2024) masih berada di RSUD Sumedang. 

Di RSUD Sumedang telah berdatangan pihak kepolisian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat