androidvodic.com

Orangutan Jantan di Seranau Kotim Tersangkut di Pohon Karet Usai Ditembak Obat Bius - News

Laporan Wartawan Tribun Kalteng Ahmad Supriandi

News, SAMPIT –   BKSDA Pos Sampit dibantu tim dari Pangkalan Bun merescue orangutan jantan di Desa Seragam Jaya, Kecamatan Seranau, Kotim, Selasa (9/1/2024).

Petugas perlu waktu 2 jam untuk memantau, membius hingga akhirnya berhasil melakukan rescue setelah orangutan tersebut dua kali terkena tembakan bius.

BKSDA Pos Sampit mulai melakukan operasi rescue sekira pukul 13.40 dan sempat kehilangan jejak orangutan tersebut.

Meski begitu petugas berhasil menemukan orangutan di kebun warga sedang memakan buah.

Setelah tim dari Pangkalan Bun datang membawa obat bius, senapang serta jaring dan kandang untuk melakukan rescue sekira pukul 15.15 WITA orangutan tersebut berhasil ditangkap.

Sebelumnya diberitakan, orangutan itu sudah berkeliaran di sekitar kebun warga sejak Sabtu (6/1/2024) hingga membuat warga ketakutan untuk berkebun dan melakukan aktivitas lainnya di kebun.

Baca juga: Polres Kotim Ungkap Penyebab Tewasnya Mahasiswi Kedokteran Asal Sampit, 2 Orang Jadi Tersangka

"Waktu warga sedang mencari rumput kemudian dihalangi oleh orangutan akhirnya warga lari ketakutan," ucap Kepala Desa Seragam Jaya Ngajo.

Ngajo menerangkan orangutan tersebut sempat berpindah-pindah sejak pertama kali di laporkan terlihat.

"Sempat pindah-pindah dan terlihat menyeberang jalan juga tapi tidak jauh," terang Ngajo.

Viral, upaya merescue orangutan jantan di Seranau Kotim, oleh personel BKSDA Pos Sampit dibantu petugas dari Pangkalan Bun, Selasa (9/1/2024).

BKSDA Kalteng melakukan rescue dibantu Yayasan Orangutan Fondation Internasional (OFI), setelah sebelumnya sudah dilakukan observasi oleh BKSDA Pos Sampit.

"Ini merupakan tindak lanjut dari laporan warga pada Sabtu (6/1/2024) dan hari ini kami melakukan rescue," ujar Komandan BKSDA Pos Sampit Muriansyah.

Petugas membutuhkan dua kali tembakan bius untuk bisa melemahkan orangutan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat