androidvodic.com

Terbang Perdana Rute Poso-Palu Pasca Covid-19, Susi Air Bawa 1 Penumpang dari Palu, 9 dari Poso - News

Laporan Wartawan TribunPalu.com, Syahril

News, POSO - Maskapai penerbangan perintis Susi Air terbang perdana rute Bandar Udara Kasiguncu Poso menuju Bandar Udara Mutiara Sis Aljufri Palu, Senin (8/1/2024).

Ini merupakan penerbangan perdana setelah 3 tahun sejak 2021 Bandara Kasiguncu sepi dari aktivitas penerbangan saat Covid-19.

Baca juga: Penerbangan Perintis Tetap Beroperasi Pasca Pembakaran Pesawat Susi Air oleh Teroris Papua

Dalam penerbangan perdana ini, Susi Air membawa sebanyak 9 penumpang dan bertolak dari Bandar Udara Kasiguncu Poso sekitar pukul 12.40 Wita.

Kepala Bandara Kasiguncu Poso, Hariyanto mengatakan penerbangan perdana ini merupakan penerbangan perintis yang disubsidi oleh APBN.

"Untuk penerbangan ke Palu ini merupakan Korwilnya Masamba," tutur Hariyanto.

Dengan mulai dibukanya aktivitas penerbangan ini, dia berharap makin banyak maskapai yang melirik untuk terbang dari Bandara Kasiguncu Poso.

Kedepan dia juga berharap aktivitas penumpang semakin menggeliat sehingga dapat disetujui untuk penambahan rute.

"Karena keterbatasan anggaran kita masih penuhi satu kali. Mudah-mudahan dengan antusias penumpang dapat disetujui untuk penambahan rute," jelas Hariyanto.

Baca juga: Setidaknya 148 Orang Warga Distrik Paro Masih Mengungsi Usai Insiden Pembakaran Pesawat Susi Air

Sementara itu pilot Susi Air dengan kode penerbangan SI 6411, Kapten Romano mengatakan Susi Air take off perdana Rute Palu menuju Bandara Kasiguncu Poso, Senin (8/1/2023) pukul 11.50 Wita.

Saat itu langit di Kota Palu nampak cerah.

Kapten Romano bersama crew menerbangkan satu penumpang dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu menuju Poso.

"Cuacanya bagus, bandaranya juga bagus," kata Kapten Romano kepada TribunPalu.com.

Petugas melakukan pengecekan pesawat Cessna 208B Grand Caravan Susi Air di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, 15 Maret 2016.
Petugas melakukan pengecekan pesawat Cessna 208B Grand Caravan Susi Air di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, 15 Maret 2016. (AIRLINERS.NET)

Kristian, penumpang pertama yang menggunakan jasa maskapai perintis Susi Air Rute Palu-Poso mengaku puas dapat mengudara bersama maskapai milik eks Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti tersebut.

"Saya terbang dari Palu itu sangat baik dan bagus, memuaskan, dengan harga yang murah dibanding kita naik mobil atau motor capek juga," tutur Kristian.

Mereka take off dari Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu pada pukul 11.50 Wita dan sampai di Bandara Kasiguncu Poso pukul 12.05 Wita

"Estimasinya sekitar 25 menit saja," ujart dia.

Artikel ini telah tayang di TribunPalu.com dengan judul Maskapai Penerbangan Perintis Susi Air Perdana Terbangkan 9 Penumpang Rute Poso-Palu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat