androidvodic.com

Pj Gubernur: Kalimantan Timur Berkesempatan Jadi Pionir Pembangunan IKN Nusantara - News

News, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Kalimantan Timur di Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Selasa (9/1/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik mengungkapkan momen peringatan HUT ke-67 Provinsi Kaltim ini merupakan bagian dalam evaluasi program yang telah dijalankan sekaligus pembenahan untuk mencapai target ke depan.

Apalagi Kaltim juga merupakan wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Sehingga sudah semestinya Kaltim menjadi pionir pembangunan.

"Mari kita jadikan peringatan ini agar menjadi lebih baik lagi ke depannya. Semangat dan motivasi tinggi dalam menghadapi tantangan. Terlebih saat ini Kaltim telah ditetapkan sebagai IKN. Ini merupakan anugerah yang harus disyukuri. Jadikan kesempatan ini sebagai pionir pembangunan di Nusantara," kata Akmal dalam keterangannya, Rabu (10/1/2024).

Adapun dalam upacara ini, turut diserahkan Panji Keberhasilan Pembangunan kepada pemerintah kabupaten dan kota se-Kalimantan Timur.

Pemerintah Kabupaten Berau meraih 7 Panji Keberhasilan Pembangunan, yang merupakan capaian kinerja pemerintah daerah sepanjang 2023. Penghargaan diserahkan langsung oleh Akmal Malik kepada Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas.

Raihan ini menempatkan Kabupaten Berau pada peringkat ke-3 dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Timur.

Sementara peringkat pertama diduduki Kota Balikpapan dengan 17 panji dan peringkat ke-2 Kabupaten Kutai Kartanegara yang meraih 13 panji.

Capaian Panji Keberhasilan Pembangunan yang diterima Berau mencakup bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif, bidang ketahanan pangan, bidang pembangunan kelautan dan perikanan, bidang sektor dekranasda, bidang penyelenggaraan administrasi kependudukan dan catatan sipil kategori kabupaten, bidang pembangunan keluarga, kependudukan, dan keluarga berencana, dan bidang pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Tentu ini menjadi semangat bagi daerah. Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Berau dan para ASN yang selama ini bersinergi dalam pembangunan Kabupaten Berau," kata Bupati Berau Sri Juniarsih.

Juniarsih turut meminta agar OPD yang belum menerima Panji bisa memacu kinerjanya, sehingga di tahun 2024 Berau dapat meraih banyak penghargaan.

Baca juga: Sandiaga Uno: Miliarder Asal Oman Tertarik Berinvestasi di IKN

"Saya harap OPD bisa menargetkan penerimaan Panji ini. karena Panji pembangunan ini merupakan indikator keberhasilan daerah dalam menjalankan program pembangunan di masing-masing bidang," tegasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat