androidvodic.com

Fakta Penyelundupan Ratusan Anjing ke Solo, 30 Ekor Dikirim dari Subang, Pengepul Diperiksa - News

News - Sebanyak 5 tersangka kasus penyelundupan anjing ditangkap jajaran Polrestabes Semarang pada Sabtu (6/1/2024) malam.

Saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolrestabes Semarang, tersangka mengaku mendapatkan ratusan anjing dari Subang, Jawa Barat.

Ratusan anjing tersebut dibawa ke Solo, Jawa Tengah menggunakan truk untuk dijual ke sejumlah warung makan.

Dalam sebulan, mereka dapat melakukan dua kali pengiriman dengan keuntungan mencapai Rp10 juta setiap pengiriman.

Menanggapi pernyataan tersangka, jajaran Satreskrim Polres Subang melakukan penyelidikan untuk mengungkap lokasi penampungan anjing.

Kapolres Subang, AKBP Ariek Indra Sentanu menyatakan sudah ada 6 orang saksi yang diperiksa.

Berdasarkan keterangan saksi, terdapat tempat penampungan anjing di Kecamatan Jalancagak.

"Saat ini kita telah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus penjualan hewan anjing dari Subang ke Solo."

"Anjing yang dijual tersebut berasal dari pengepul berinisial N dari wilayah Desa Bunihayu, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang," paparnya, Rabu (10/1/2024), dikutip dari TribunJabar.id.

Menurut AKBP Ariek Indra hanya 30 anjing yang didapat dari Subang, sedangkan anjing lainnya diperoleh dari sejumlah wilayah di Jawa Barat.

"Namun dari total 226 ekor anjing yang diamankan Satreskrim Polresta Semarang, pengepul di Subang menyumbang sebanyak 30 ekor hewan anjing, sementara sisanya diperoleh dari luar Subang," pungkasnya.

Baca juga: Polres Subang Periksa 6 Saksi Terkait Truk Isi Ratusan Anjing yang Diamankan GT Kalikangkung

Pengakuan Tersangka

Kasus penyelundupan ratusan anjing digagalkan Polrestabes Semarang usai menghentikan sebuah truk di Tol Kalikangkung, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (6/1/2024) malam.

Lima tersangka yang telah ditangkap yakni Donal Harianto (43), Ariyoto (49), Wagimin (62), Sulasno (48) dan Ervan Yulianto (29).

Donal Harianto merupakan pemesan ratusan anjing, sedangkan tersangka lain berperan sebagai sopir truk hingga petugas bongkar muat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat