androidvodic.com

Rekaman Detik-detik KA Pandalungan Keluar Jalur Rel di Sidoarjo, 4 Rangkaian KA harus Memutar - News

News, SIDOARJO - Rangkaian KA Pandalungan anjlok di Emplasemen Stasiun Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024) sekira pukul 07.57 WIB.

Detik-detik KA Pandalungan anjlok sempat direkam oleh pemilik akun TikTok @Yusufkereta.

Saat itu KA Pandalungan tengah melintas dengan kecepatan cukup tinggi. 

Kecepatan KA Pandalungan kemudian menurun ketika berada di jalur berkelok lalu lokomotif tiba-tiba miring hingga akhirnya keluar rel.

Dalam video lain, tampak rangkaian yang anjlok adalah lokomotif dan satu gerbong yang berada tepat di belakang lokomotif. 

Baca juga: Komisi V DPR Sebut Tabrakan Dua Kereta Api di Cicalengka Bandung Bentuk Kelalaian KAI

Sejumlah orang sedang berdiri di samping rangkaian KA Pandalungan untuk melihat kondisi di sekitar tempat kejadian perkara (TKP).

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, belum mengetahui kronologi lengkap dan penyebab anjloknya KA Pandalungan.

 Dia menegaskan, konsentrasi pihaknya saat ini adalah berusaha melakukan upaya evakuasi rangkaian kereta api.

"Belum (diketahui penyebabnya), nanti ada tim yang melakukan penyelidikan," ujar Luqman, dikutip dari Kompas.com.

Kendati demikian, dia memastikan, tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat peristiwa pada Minggu pagi ini.

"Iya, yang jelas tidak ada korban," tuturnya.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro mengaku, minta maaf terhadap para pelanggan KA Pandalungan Relasi Surabaya-Jember. Karena perjalanannya terlambat akibat adanya kecelakaan kereta jalur lintasan yang ada di Sidoarjo.

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan KA Pandalungan relasi Gambir - Jember atas keterlambatan kedatangan dikarenakan mengalami anjlok di Stasiun Tanggulangin," ujarnya melalui keterangan tertulis.

Menurutnya, sejak pukul 07.57 WIB jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin Sidoarjo, untuk sementara waktu belum dapat dilalui akibat insiden tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat