androidvodic.com

Sempat Pingsan, Anggota Brimob yang Tewas saat Penyambutan Alami Pendarahan Otak - News

News - Seorang anggota Brimob Polda Maluku Utara, Bharada Andyka, tewas saat mengikuti tradisi penyambutan Bintara dan Tamtama remaja.

Tradisi tersebut dilakukan pada Senin (15/1/2024) sore oleh Bharada Andyka beserta puluhan personel Sat Brimob Polda Maluku Utara lainnya.

Kegiatan tersebut berupa jalan dan berlari dari Mako Polda Maluku Utara menuju Mako Sat Brimob di Kelurahan Tafure, Kecamatan Ternate Utara.

Adapun jarak tempuhnya sekira 6 kilometer.

Namun saat perjalanan dengan jarak 100 meter dari Mako Sat Brimob Polda Malut, Bharada Andyka mengalami pusing kemudian pingsan.

Setelah mendapat perawatan dari Kesjas Sat Brimob, Bharada Andyka dibawa ke UGD RS Bhayangkara sekitar pukul 15.15 WIT.

"Saat dapat perawatan medis ia didiagnosa suspek heat stroke, sehingga diberikan penanganan berupa pemasangan oksigen, infus dan pemasangan oropharingeal airway untuk membebaskan jalan napas," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Michael Irwan Thamsil, dilansir TribunTernate.com.

Pukul 15.25 WIT, Bharada Andyka dirujuk ke Rumah Sakit Chasan Boesoerie Ternate dan dilakukan penanganan oleh dokter spesialis.

Komandan Satuan Brimob (Dansat Brimob), Kombes Pol Suhendro
Komandan Satuan Brimob (Dansat Brimob), Kombes Pol Suhendro saat memantau anggotanya di Rumah Sakit Chasan Boesorie Ternate, Senin (15/1/2024)

Setelah mendapat penanganan dan perawatan dokter sekitar pukul 18.28 WIT, Bharada Andyka dinyatakan meninggal dunia dengan diagnosa suspek pendarahan otak.

Kombes Pol Irwan menjelaskan, para anggota yang mengikuti tradisi penyambutan Brimob itu telah melalui pengecekan.

"Sebelum pelaksanaan kegiatan tradisi penyambutan, Seksi Kesjas Sat Brimob Polda Maluku Utara sudah melaksanakan pengecekan kesehatan dan dinyatakan seluruh peserta siap dan sehat," ujarnya, Senin (15/1/2024).

Baca juga: Wanita Muda di Sampang Bacok Tetangga hingga Tewas, Pelaku Berpura-pura Datang ke Pemakaman Korban

Jenazah Bharada Andyka kemudian diterbangkan ke kampung halamannya di Makassar, tepatnya Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Sosok Bharada Andyka

Bharada Andyka berasal dari Desa Ula, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Menurut penuturan teman satu leting (angkatan), Bharada Andyka adalah sosok yang baik.

"Saya dan Almarhum ikut tes sama-sama, dia anaknya baik."

"Atas kepulangan ini, kami leting 51 merasa terpukul dan kehilangan," ucapnya.

Ia menyebut sempat melihat Bharada Andyka dalam kondisi pucat dan keluar dari barisan.

Artikel ini telah tayang di Tribun Ternate dengan judul BREAKING NEWS: Bharada Andika Gugur Usai Ikut Tradisi Penyambutan Brimob di Polda Maluku Utara

(News, Widya) (TribunTernate.com, Randi Basri)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat