androidvodic.com

VIRAL Penampakan Kantor Desa Bak Istana di Ciamis, Kades : Ini Milik Masyarakat Desa Rancah Semuanya - News

Laporan Wartawan TribunPriangan.com, Ai Sani Nuraini

News, CIAMIS - Lokasinya di perdesaaan, namun kantor Desa Rancah, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat nampak mewah bak istana.

Didominasi nuansa warna putih dengan ornamen-ornamen berwarna merah seperti sofa dan gorden jendela, bagunan 2 lantai ini dilengkapi oleh delapan pilar di depannya dan manik-manik warna emas yang menghiasi pilar.

Kantor desa ini berada berjarak 35 kilometer dari pusat kota Ciamis dibangun pada 2020 dengan modal dari APB Desa, pendapatan asli desa, dan dana aspirasi dan menghabiskan uang Rp1 miliar.

Kepala Desa Rancah, Dedi Hidayat mengatakan,  kantor desa tersebut dibangun sejak 2020 oleh kepemimpinan kades sebelumnya, Aman.

Aman mengundurkan diri karena menjadi caleg DPRD Kabupaten Ciamis.

Baca juga: Farahdibha Tenrilemba: Saatnya Petani Di Ciamis Mencari Solusi Sumber Air Terdekat

Meski terlihat mewah dan tak seperti gedung pemerintahan, masyarakat bisa memanfaatkan gedung ini untuk aktivitas bersama-sama dan sangat terbuka.

"Kantor desa ini bukan hanya milik pegawai desa saja, melainkan milik masyarakat Desa Rancah semuanya.

Jadi tempat ini sangat terbuka untuk semuanya dan bisa digunakan juga oleh masyarakat."

 "Contohnya kemarin dipakai untuk acara seminar UMKM," ujar Dedi kepada Tribun, Selasa (16/1/2024).

Selain ada fasilitas Aula Utama dan ruang pelayanan, di lokasi tersebut juga ada bangunan Pusat Kesehatan Desa, Gedung Serba Guna, dan ruangan-ruangan lainnya untuk tamu yang berkunjung ke kantor desa tersebut.

Fasilitas tempat ibadah juga disediakan khusus di sisi kanan gedung utama.

Nuansa yang ingin dibangun di kantor tersebut adalah nasionalisme karena cat yang digunakan didominasi warna merah putih.

Pembangunan kantor desa mewah itu menghabiskan dana Rp 1 miliar lebih.

Dedi Hidayat adalah kepala desa Rancah terpilih PAW yang dilantik pada November 2023.

"Sebelumnya saya kadus di Dusun Cibeureum, Desa Rancah, dan alhamdulillah di sana juga saya bersama warga bisa membangun balai dusun dua lantai dengan anggaran kurang lebih Rp 700 juta, dananya dari swadaya masyarakat," tambahnya.

Hingga saat ini, pembangunan kantor desa tersebut masih berlangsung, contohnya pengecatan pintu gerbang, merapikan musala, bagian dapur umum di belakang, juga Gedung Serba Guna. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Megah Bak Istana, Inilah Kantor Desa Rancah Ciamis, Dana Pembangunannya Capai 1 Miliar Lebih

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat