androidvodic.com

Korban Tewas Penembakan KKB Dimakamkan Secara Militer di TMP Tanjung Tuwis Banggai Sulteng - News

News, BANGGAI - Korban tewas penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Briptu Anumerta Alfandi Steve Karamoy dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Tuwis, Kecamatan Luwuk Selatan, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Senin (22/1/2024).

Komandan Resimen 3 Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri Kombes Pol Wahyu bertindak menjadi Inspektur Upacara pemakaman.

Kombes Pol Wahyu adalah komandan Almarhum Alfandi Steve Karamoy di Mako Brimob Polri Jakarta, sekaligus akan mewakili Polri dalam upacara pemakaman.

Baca juga: Usai Tembak Mati Anggota Brimob, KKB Intan Jaya Bakar Rumah Dinas Anggota DPRD

"Saya jadi inspektur upacara, dan pemakaman dilakukan secara militer di TMP Tanjung Tuwis," kata Kombes Pol Wahyu kepada TribunPalu.com, di rumah duka Jl Gunung Colo Kelurahan Mangkio Baru, Kecamatan Luwuk, Senin (22/1/2024).

Komandan Satgas (Dansatgas) Tindak Operasi Damai Cartenz-2024 AKBP Irwan Jaya secara khusus mengantar jenazah Briptu Anumerta Alfandi Steve Karamoy dari Papua ke Luwuk, Kabupaten Banggai.

Jenazah Briptu Anumerta Alfando Steve Karamoy diterbangkan menggunakan pesawat Smar-Air PK-SNP dari Bandara Bilorai Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, menuju Timika.

Lalu dari Bandara Mozes Kilangin Timika, jenazah diterbangkan lagi menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/1/2024).

Karena tak sesuai dengan jadwal penerbangan ke Luwuk, jenazah akhirnya bermalam dan disemayamkan di Mako Brimob Polda Sulawesi Selatan, dan besoknya Minggu (21/1/2024) atau siang tadi akhirnya tiba di Luwuk, Kabupaten Banggai sekira pukul 11.00 Wita.

"Kami dari Satgas Damai Cartenz telah mengantar dan menyerahkan jenazah kepada keluarga, dan selanjutnya akan dimakamkan secara militer di Luwuk," kata Dansatgas Tindak Operasi Damai Cartenz-2024, AKBP Irwan Jaya, di rumah duka.

Briptu Anumerta Alfandi Steve Karamoy gugur ditembak KKB Papua pimpinan Apen Kobogau (Wakil Pangkodap VIII), di Intan Jaya Papua, pada Jumat (19/1/2024).

Baca juga: Korban Tewas Penembakan KKB Diterbangkan ke Kampung Halamannya di Sulawesi Tenggara

Serangan dari KKB Papua diduga berasal dari belakang Tower BTS Telkomsel, Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya yang mengakibatkan Briptu Anumerta Alfandi Steve Karamoy terkena tembakan.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno, menerangkan, usai terkena tembakkan, korban langsung dievakuasi dan dilakukan pertolongan pertama di Puskesmas Sugapa, namun oleh dokter dinyatakan meninggal dunia.

"Anggota Bripda Alfandi Steve Karamoy terkena tembakan di bagian rahang kiri tembus rahang kanan dan mengakibatkan anggota gugur," ungkap Bayu Suseno.

Bayu menyampaikan bahwa anggota Ops Damai Cartenz yang berada di wilayah tersebut mengalami serangan dari KKB selama 30 menit dari arah belakang pos.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat